alexametrics

Surabaya-Liverpool Kembangkan Kerja Sama Pendidikan Inklusi

29 Juni 2022, 05:49:20 WIB

JawaPos.com–Pemerintah Kota Surabaya dan Kota Liverpool, Inggris, terus kembangkan kerja sama kota kembar. Khususnya dalam bidang pendidikan inklusi.

”Khususnya pengembangan pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus, dapat terus dikembangkan,” kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi seperti dilansir dari Antara saat menerima kunjungan Wakil Duta Besar Inggris untuk Indonesia Rob Fenn di Balai Kota Surabaya, Jawa Timur, Selasa (28/6).

Kedatangan Rob Fenn tersebut sekaligus membuka kegiatan Webinar bagi Guru Sekolah Inklusi di Kota Surabaya dengan St. Vincent’s School Liverpool.

Wali Kota Eri menjelaskan, jalinan kerja sama kota kembar atau sister city antara Kota Surabaya dengan Kota Liverpool terus berlangsung secara aktif. Kerja sama dituangkan dalam Nota Kesepahaman (MoU) pada 2018. Kerja sama itu diharapkan bisa diisi dengan berbagai kegiatan positif bagi masyarakat di kedua kota. Salah satunya adalah kegiatan pengembangan kapasitas bagi guru sekolah inklusi.

”Kegiatan ini merupakan kesempatan emas bagi para peserta, yang terdiri atas 135 guru SD dan 135 guru SMP dari sekolah inklusi di Kota Surabaya. Yakni, untuk memperoleh wawasan baru terkait pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus,” ujar Eri.

Wawasan pendidikan tersebut, lanjut dia, akan dibagikan langsung jajaran St. Vincent’s School Liverpool, salah satu sekolah inklusi terbaik di Kota Liverpool, bahkan di seluruh Inggris. Namun, kegiatan di bidang pendidikan khusus itu bukan yang pertama kali diadakan.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: