alexametrics

Kampus Pertama di Surabaya dengan Dilengkapi Gerai Donor Darah

29 Juni 2022, 23:20:53 WIB

JawaPos.com- Universitas dr Soetomo (Unitomo) Surabaya meresmikan gerai donor darah Selasa (28/6). Gerai tersebut tidak hanya digunakan untuk melayani donor darah secara umum, tetapi juga menjadi tempat praktik mahasiswa program studi (prodi) teknologi bank darah.

Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Miftahul Khairoh mengatakan, dalam pembukaan gerai donor darah, Unitomo juga menggelar pemeriksaan kesehatan gratis dan donor darah langsung. ’’Dua event ini diadakan sekaligus untuk memperingati Dies Natalis Ke-42 Unitomo,” katanya kepada Jawa Pos kemarin.

Miftah –sapaan karib Miftahul Khairoh– menuturkan, gerai donor darah tersebut didirikan karena Unitomo menjadi pionir prodi D-3 teknologi bank darah (TBD). Selain itu, founding father prodi TBD tersebut adalah UTD PMI Kota Surabaya.

’’Sehingga gerai ini nanti ditujukan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa. Selain itu, dapat memfasilitasi para pendonor setiap hari di gerai donor Unitomo,” ujarnya.

Layanan donor darah di Unitomo akan dibuka Senin hingga Jumat pada pukul 09.00–13.00. Nanti pelayanan di gerai donor darah Unitomo dilakukan mahasiswa yang memiliki kompeten di bidangnya. ’’Mahasiswa akan didampingi dosen TBD,” imbuhnya.

Tujuannya, Unitomo ingin membantu UTD PMI Kota Surabaya untuk meningkatkan partisipasi terhadap kemanusiaan agar kebutuhan darah di Surabaya maupun Provinsi Jawa Timur dapat terpenuhi. ’’Hari ini (kemarin, Red) kami menargetkan 150 pendonor,” katanya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : ayu/c7/ai

Saksikan video menarik berikut ini: