alexametrics

Tak Pakai Masker, Pedagang Kena Denda Rp 100 Ribu

29 April 2020, 18:18:36 WIB

JawaPos.com – Bukan hanya pasar tradisional, pembatasan sosial berskala besar (PSBB) juga berlaku di pasar modern. Salah satunya, Fresh Market CitraLand. Aktivitas jual beli masih diperbolehkan asal pedagang maupun pembeli wajib menggunakan masker dan jaga jarak.

Pihak perumahan bersikap tegas. Warga yang tidak mengenakan masker saat membeli kebutuhan bahan pokok atau makanan akan disuruh pulang. Lain halnya pedagang. Apabila melanggar, mereka akan di den da Rp 100.000. ’’Ya, harus begitu agar semua tertib,’’ tutur City Manager CitraLand Surabaya Nada Putri Parastati.

Dari pantauan kemarin (28/4), mayoritas lapak di Fresh Market buka sejak dini hari. Ada yang menjual sayuran, buahbuahan, hingga perabotan rumah tangga. Suasana pasar tidak terlihat ramai. Pengunjung dan pedagang tertib menjaga jarak dan memakai masker.

Nada menyatakan, setiap penghuni perumahan wajib mematuhi imbauan tersebut agar terhindar dari persebaran Covid-19. Untuk memberikan rasa aman, pihaknya juga menyediakan fasilitas tempat cuci tangan di setiap akses masuk pasar modern. ’’Tangan harus dibersihkan,’’ ungkapnya.

Di sekitar pasar, penyemprotan disinfektan rutin dilakukan. Khususnya area parkir dan jalan raya. Tiap pagi suhu tubuh pedagang yang hendak berjualan turut diperiksa. ’’Jadi, benar-benar steril,’’ ujarnya.

Bagaimana dengan tempat kuliner? ’’Masih buka,’’ jawabnya. Namun, barang yang di beli harus dibawa pulang. Pembeli tidak boleh makan di lokasi. Karena itu, dia menyarankan pedagang menertibkan meja dan kursi untuk mengurangi risiko berkumpul.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : oby/c20/nor

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads