alexametrics

Pembangunan TPS Limbah B3 di Surabaya Belum Ada Kepastian

29 Maret 2022, 15:09:33 WIB

JawaPos.com- Rencana pembangunan tempat pengolahan sampah (TPS) khusus bahan berbahaya dan beracun (B3) di Surabaya bergulir sejak empat tahun lalu. Namun, hingga kini belum juga terwujud. Untuk sementara, pemkot mengandalkan pihak ketiga buat pengelolaan limbah B3.

Sejatinya pemkot sudah menyediakan tempat untuk pembangunan TPS B3. Lokasinya terdapat di kawasan Tambak Osowilangun. Luas lahannya mencapai 4 hektare. Sejumlah persiapan itu akhirnya tak berjalan karena pandemi korona.

”Belum ada kepastian sampai sekarang,” terang Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya Agus Hebi Djuniantoro.

Surabaya memang membutuhkan TPS B3. Sebab, diperkirakan ada 60 rumah sakit dan 400 puskesmas yang berdiri di metropolis. Setiap hari, fasilitas kesehatan (faskes) itu menghasilkan limbah B3.

Selama ini, sampah tersebut dikelola pihak ketiga. Nah, jika pemkot memiliki pengelolaan B3, tentu hasilnya jauh lebih efisien. ”Sementara kami fokus pada pemilahan limbah B3 domestik. Kebanyakan berasal dari rumah tangga ya, bukan yang dihasilkan industri,” ujarnya.

Sementara itu, Subkoordinator Penanganan Limbah DLH Surabaya Yustisia Putri Ciptorini menjelaskan, tahun lalu limbah B3 domestik didominasi semprotan bekas. Jumlahnya lebih dari 3,4 ton. Urutan kedua ditempati elektronik bekas 2,9 ton.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : gal/c19/aph

Saksikan video menarik berikut ini: