alexametrics

Dari 30 Ribu Pendaftar, Hanya 2 Ribu yang Diterima SNMPTN di Unesa

29 Maret 2022, 21:04:18 WIB

JawaPos.com–Terdapat 30.389 siswa lulusan SMA yang mendaftar ke Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Dari jumlah itu, hanya 2.682 orang yang diterima di Unesa melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Pengumuman itu disampaikan pada Selasa (29/3). Kuota SNMPTN Unesa merupakan tertinggi keempat secara nasional.

”Hanya sebanyak itu peserta bisa memenuhi syarat masuk Unesa, karena bisa jadi salah satu dari mereka portofolionya kurang memenuhi syarat prodi yang dipilih,” kata Ketua Satuan Admisi Unesa Sukarmin.

Tahun ini, terjadi pemerataan pemilihan prodi oleh siswa atau peserta dari sekolah yang sama. Artinya, 10 siswa dari suatu sekolah yang mendaftar di Unesa, pasti memilih prodi yang berbeda.

Bagi peserta yang lolos, kata Sukarmin, diharapkan memerhatikan beberapa tahap dan syarat pendaftaran ulang. Peserta mengisi biodata dan mengunggah dokumen secara online pada laman https://sipenmaru.unesa.ac.id/simreg.

Peserta lalu mengisi surat penyataan sesuai dengan format o1/CAMABA/SNMPTN/2022 yang dapat diunduh di laman yang sama. Bukti pekerjaan dan penghasilan orang tua yang terbaru, disahkan instansi tempat kerja atau surat keterangan dari kepala desa atau lurah.

”Mohon unggah keduanya bila bapak dan ibu bekerja atau salah satu bila hanya salah satunya yang bekerja,” ujar Sukarmin.

Berikut timeline daftar ulang mahasiswa baru:

5–14 April, mahasiswa baru verifikasi data

15–17 April, penetapan UKT

18–29 April, pembayaran UKT bagi peserta non-KIP Kuliah.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads