Alihkan Tabungan ke Investasi karena Tergiur Bunga Tinggi

29 Maret 2022, 13:48:30 WIB

JawaPos.com – Andi Widjaja Santoso awalnya menyimpan uangnya di bank swasta. Dia lantas mengalihkan uangnya senilai Rp 5 miliar untuk diinvestasikan ke PT Berkat Bumi Citra (BBC), perusahaan bagian dari Millenium Group, karena kepincut bunga yang tinggi hingga 12 persen. Namun, setelah berjalan selama 11 bulan, perusahaan sekuritas itu gagal bayar.

”Yang menawari saya direkturnya Millenium di kantornya di Mayjen Sungkono. Dia bilang taruh sini saja, bunganya sama saja dengan bank, cuma di sini tidak kena PPh (pajak penghasilan),’’ ujar Andi saat memberikan keterangan sebagai saksi dalam sidang di Pengadilan Negeri Surabaya Senin (28/3). Andi bersaksi untuk terdakwa Lim Victory Halim (komisaris) dan Annie Halim (direktur utama) PT BBC.

Andi berinvestasi dengan opsi perpanjangan selama tiga bulan sekali. Awalnya berjalan lancar. Andi menerima bunga yang dijanjikan. ’’Sampai memasuki bulan ke 11 pada September 2016 saya perpanjang, tetapi mereka gagal bayar. Alasannya sudah tidak ada duit,’’ ungkapnya.

Sejak awal Andi terima beres. Dia mengaku tidak pernah tanda tangan perjanjian. Menurut dia, perjanjian itu ditandatangani direkturnya sendiri. Andi sempat menagih agar uang yang diinvestasikannya dikembalikan.

Perusahaan tersebut berjanji mencicilnya, tetapi tidak pernah terjadi. PT BBC juga sempat menawari ganti rugi dengan asetnya berupa pergudangan. ’’Tapi, gudang tidak pernah diserahkan,’’ katanya.

Tris Sutedjo juga bernasib sama dengan Andi. Perempuan itu awalnya menimbang-nimbang apakah uangnya nanti diinvestasikan di perusahaan asuransi atau PT BBC. Pilihannya akhirnya jatuh ke PT BBC setelah diyakinkan Albert Purnomo Budilarto, agen perusahaan tersebut.

”Albert meyakinkan pilih Millenium saja karena bunganya lebih tinggi. Kalau asuransi, bunganya tidak begitu besar,’’ ucap Tris yang juga bersaksi dalam persidangan.

Tris akhirnya berinvestasi untuk dirinya Rp 250 juta dan Rp 500 juta atas nama suaminya. Investasi itu dipilihnya setelah sang suami tidak bisa bekerja lagi karena cacat. Dia ingin ada simpanan uang. Terlebih dia dijanjikan bunga 9–10 persen.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : gas/c6/git

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads