alexametrics

Ratusan Banser dari Sejumlah Provinsi Ikut Penggemblengan di Sidoarjo

29 Januari 2022, 05:40:21 WIB

JawaPos.com- Pengkaderan berjenjang terus dilakukan GP Ansor Sidoarjo. Mulai Jumat (28/1), sebanyak 259 kader kepemudaan NU itu mengikuti kursus Banser lanjutan (Susbalan). Tidak hanya dari Jatim. Peserta juga datang dari luar Jawa.

Selama tiga hari, mereka digembleng dengan sejumlah materi. Baik pengetahuan, fisik maupun mental.  Bertempat di Desa Kedungturi, Kecamatan Taman, acara itu dibuka oleh Irsyad Yusuf, kepala Satkorwil Banser Jatim yang juga bupati Pasuruan.

Ketua PC GP Ansor Sidoarjo Rizza Ali Faizin mengatakan, sebetulnya pendaftar Susbalan XXXI mencapai 310 orang. Namun, setelah di-skrining, hanya 259 orang yang mengikuti. ‘’Jumlah itu sudah melebihi target. Awalnya, targetnya 200 orang,’’ ujarnya.

Peserta yang ikut, lanjut dia, mulai dari Sawesi Tengah, Kalimantan Tengah hingga Lampung. Artinya, proses pengkaderan di Sidoarjo dianggap berjalan baik.

’Susbalan ini merupakan fase kedua tahapan kaderisasi formal pada Banser setelah yang bersangkutan lulus pendidikan dan pelatihan dasar (diklatsar),’’ paparnya.

Dalam kesempatan itu, Gus Irsyad—panggilan Irsyad Yusuf—menyampaikan bahwa Banser setidaknya memiliki empat tugas penting. Yakni, kader inti GP Ansor sebagai pengawal dan penggerak program sosial kemasyarakatan, dinamisator program NU, pengawal dan penjaga NKRI, dan harus berkhidmat kepada agama bangsa dan negara.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : uzi

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads