alexametrics

Imlek di Sidoarjo, Boleh Beribadah di Wihara dengan Prokes Ketat

29 Januari 2022, 20:48:36 WIB

JawaPos.com- Menjelang perayaan Imlek, yang jatuh pada Selasa (1/2), puluhan patung dewa di Wihara Dharma Bhakti mulai dibersihkan. Patung dewa yang juga dikenal dengan nama rupang dalam berbagai ukuran itu dimandikan dengan air bunga.

Sebelum disiram dengan air yang berisi bunga mawar, rupang dibersihkan dan disiram dengan air biasa. Rupang yang berjumlah sekitar 50 buah itu tuntas dibersihkan dalam waktu satu hari oleh enam orang.

’’Dibersihkan agar rupang ini suci saat perayaan Imlek nanti,’’ ujar Pemimpin Wihara Dharma Bhakti Nico Tri Sulistyo Budi.

Tidak ada tata cara khusus dalam proses memandikan rupang. Namun, saat memandikan rupang, Nico dan tim sementara menjadi vegetarian. Tidak mengonsumsi makanan dari bahan yang berjiwa, misalnya hewan.

Menurut dia, ritual persiapan Imlek dimulai sepekan sebelum pergantian tahun. Saat itu ada acara sembahyang untuk mengantarkan dewa naik ke langit. Setelah dewa naik ke langit, kegiatan dilanjutkan dengan membersihkan rupang.

Biasanya, dalam menyambut Tahun Baru Imlek, para umat beribadah sejak dini hari. Sekitar pukul 00.00 sudah ada umat yang beribadah bersama. Malam sebelum pergantian tahun, mereka berkumpul bersama keluarga. Makan bersama untuk menjalin silaturahmi sekaligus mendekatkan rasa kekeluargaan antara satu dan lainnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : may/c12/any

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads