alexametrics

Di Sidoarjo, Masih Gagal Kendalikan Satu Harga Minyak Goreng

29 Januari 2022, 16:47:49 WIB

JawaPos.com- Harga minyak goreng di pasar tradisional Sidoarjo tak kunjung turun. Rata-rata masih nagkring di kisaran Rp 20 ribu per liter. Padahal, sudah ditetapkan satu harga minyak Rp 14 ribu sejak 10 hari lalu.

Sebelumnya, pasar tradisional diberi kelonggaran sekitar satu minggu sejak 19 Januari untuk penyesuaian harga. Dalam seminggu itu pasar tradisional masih diizinkan menjual di atas harga Rp 14 ribu. Ternyata, seminggu berselang, harganya masih sama.

Pantauan Jawa Pos di Pasar Taman dan Pasar Krian, misalnya. Jumat (28/1) kemarin, harga per liter minyak goreng masih Rp 20 ribu.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sidoarjo Tjarda menyebut rata-rata pedagang di pasar masih menghabiskan stok lama. Karena itu, harga yang dijual saat ini masih harga lama. ”Kulakannya dulu kan masih mahal, sedangkan pembeli kan juga cukup sepi karena di toko modern sudah murah,’’ terangnya.

Karena itu, dia masih menoleransi. Pihaknya memberikan kelonggaran ke pasar tradisional untuk penyesuaian harga. Namun, disperindag sudah menyiapkan solusi. Yakni, stok minyak di pasar tradisional bisa dikirim oleh produsen besar yang ada di Sidoarjo.

”Kami sudah menghubungi produsen agar mereka mengirim langsung ke pasar tradisional sehingga harganya bisa lebih murah,’’ katanya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : uzi/c6/any

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads