alexametrics

Ada Nakes Probable Omicron, RSUD Gresik Batasi Jam Besuk

29 Januari 2022, 13:51:41 WIB

JawaPos.com- Jumlah kasus aktif atau warga yang sedang terpapar Covid-19 di Gresik, belakangan juga terus bertambah. Data per Jumat (28/1), kasus aktif di Kota Pudak sebanyak 40 orang. Angka ini menempatkan Gresik berada di posisi lima tertinggi di Jatim.

Empat kabupaten/kota di atas Gresik dengan jumlah kasus aktif tertinggi saat ini adalah Kota Malang, Surabaya, Sidoarjo, dan Kabupaten Malang. Padahal, sebelumnya, Gresik pernah mencatatkan rekor terendah kasus aktif hanya tinggal empat orang.

Di antara tambahan baru kasus positif di Gresik adalah dua tenaga kesehatan (nakes) di RSUD Ibnu Sina. Kabarnya, salah satu dari nakes itu diduga terpapar varian Omicron. Karena itu, RS milik Pemkab Gresik itu telah mengeluarkan kebijakan terbatas.

Dirut RSUD Ibnu Sina dr Soni menyatakan, saat ini terdapat dua pasien positif Covid-19 sedang dirawat di rumah sakit yang dipimpinnya. Dua pasien yang dirawat itu merupakan masyarakat umum. Nah, untuk mengantisipasi lonjakan kasus, kini pihaknya menerapkan pembatasan besuk pasien.

Mantan kepala Puskesmas Benjeng itu juga membenarkan bahwa ada dua nakes RSUD yang terkonfirmasi positif Covid-19. Salah satunya merupakan probable varian Omicron. Saat ini, dua nakes tersebut sedang menjalani isolasi mandiri. ’’Ya, sementara kami membatasi besuk pasien untuk antisipasi lonjakan kasus,” ucapnya, Jumat (28/1).

Dia menjelaskan, pasien rawat inap hanya diperbolehkan ditunggu satu orang saja. Begitu pula pasien rawat jalan. Hanya boleh didampingi satu orang.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : son/c12/diq

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads