alexametrics

Kronologi Pembangunan GKI Citraland, Sempat Ditolak 10 Tahun Lalu

28 Desember 2021, 14:52:57 WIB

JawaPos.com–Penolakan pembangunan dan pendirian Gereja Kristen Indonesia (GKI) Citraland, Kecamatan Lakarsantri, sudah berlangsung sejak 1 dekade lalu. Pada 2011, pengurus GKI Citraland sudah membeli tanah dan siap mengurus izin pendirian gereja.

Namun, masalah datang ketika warga menolak pembangunan gereja dengan alasan terlalu dekat dengan pemukiman. Izin tidak dikantongi, namun tanah terlanjur dibeli.

Yohana Litamahuputy, jubir GKI Citraland mengatakan, tanah itu dibeli sejak 2011. Empat tahun kemudian, atau pada 2015, pembayarannya tuntas.

”Pada 2011 GKI Citraland beli tanah secara cicil. Lunas 2015,” jelas Yohana Litamahuputy pada Selasa (28/12).

Pengurusan pembangunan GKI Citraland itu kemudian berlanjut dengan menyurati lurah dan camat Lakarsantri, hingga Forum Komunikasi Umat Beragama atau FKUB Kota Surabaya dan Provinsi Jawa Timur. ”Namun warga tetap menolak. Mereka meminta relokasi ke tempat lain. Kami lalu mencari tanah di tempat lain,” tutur Yohana Litamahuputy.

Hanya saja, karena tanah terlanjur dibeli, harga tanah di tempat lain berbeda dengan tanah Sebelumnya. Hal itu yang menjadi kendala dari proses relokasi.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads