Masifkan Vaksinasi Booster II untuk Lansia

28 November 2022, 15:48:43 WIB

JawaPos.com – Vaksinasi booster kedua Covid-19 bagi kelompok lanjut usia (lansia) semakin masif. Tidak hanya di puskesmas atau balai RW, vaksinasi itu juga dilakukan di pusat perbelanjaan. Kegiatan tersebut merupakan upaya percepatan vaksinasi sekaligus bertujuan memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Antusiasme masyarakat untuk mendapatkan vaksin booster terlihat di salah satu mal di Surabaya Selatan, Minggu (27/11).

Ratusan orang dari berbagai usia tampak mengantre. Mereka didominasi lansia. Vaksinasi itu diadakan selama dua hari sejak Sabtu (26/11) lalu. Sebanyak 500 dosis vaksin disediakan panitia. Namun, jumlah vaksin di lokasi melebihi kuota tersebut.

Kegiatan vaksinasi itu diadakan Koarmada II dan Persos Hwa Ind. Pada hari pertama, sebanyak 661 orang telah mendapatkan vaksin. Pendaftaran on the spot pun dibuka karena tingginya peminat vaksinasi yang juga berasal dari luar Surabaya.

’’Vaksin berasal dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim. Satu vial bisa digunakan untuk 6–12 orang menyesuaikan dengan riwayat vaksin sebelumnya,’’ jelas Kolonel Laut (K) dr Hendra Widjajanto, kepala Dinkes Koarmada II.

Masyarakat yang ingin mendapatkan vaksin booster pertama juga dilayani. Namun, yang paling banyak booster kedua untuk lansia sekitar 70 persen. Bahkan, antrean terlihat dua jam sebelum vaksinasi dibuka pada pukul 14.00.

Hendra menerangkan, kegiatan tersebut bertujuan mencegah terjadinya lonjakan kasus Covid-19. ’’Paling tidak imunitas kita stabil. Andai kata terkena Covid-19, gejala yang dialami lebih ringan. Skrining medis juga selalu kami lakukan,’’ tuturnya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : dho/c7/git

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads