alexametrics

Mulai Senin, Sekolah-Sekolah di Sidoarjo Serempak Belajar Tatap Muka

28 Agustus 2021, 13:05:08 WIB

JawaPos.com – Sejumlah sekolah di Kota Delta terpantau mulai menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) Jumat kemarin (27/8). Mereka mengawali dengan simulasi. Senin (30/8) sekolah-sekolah melaksanakan PTM serempak. Namun, mesti diingat, sesuai ketentuan dalam PPKM level 3, PTM itu terbatas maksimal 50 persen.

Sebelumnya, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali meninjau pelaksanaan simulasi PTM di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muslimat NU Pucang. ’’Kami datang untuk mengecek apakah prokes jalan, apakah kapasitas melebihi atau tidak,’’ kata Muhdlor.

Hasilnya, menurut dia, semua berjalan lancar dan sudah sesuai. Kapasitas sudah sesuai, yakni hanya 50 persen. Tempat cuci tangan ada. Para siswa juga bermasker. ’’Senin serentak masuk untuk semua jenjang,’’ kata Muhdlor.

Menurut dia, tidak masalah siswa masuk, walaupun belum divaksin. ’’Sesuai aturan, di daerah yang menerapkan PPKM level 1 sampai 3 diperbolehkan masuk tanpa memperhatikan sudah vaksin atau belum,” terangnya. Sebab, sebagian besar siswa SD pasti belum divaksin karena usia mereka kurang dari 12 tahun.

Lantas, bagaimana jika orang tua tidak ingin anaknya ikut PTM karena masih khawatir? Menanggapi hal itu, Muhdlor meminta sekolah tidak memaksa orang tua siswa untuk ikut PTM. Yang mau dipersilakan. Yang tidak mau, bisa tetap belajar lewat daring. Layanan belajar daring tetap ada. ”Tapi, jangan sampai orang tua yang ingin daring saja malah memaksakan agar anak orang lain tidak mau sekolah,’’ pintanya.

Setelah mendampingi bupati, Kepala MI Muslimat NU Pucang Sidoarjo M. Hamim Thohari menyebut, pihaknya mengawali dengan memasukkan siswa kelas I. Tujuannya, mereka beradaptasi karena belum pernah bertemu guru secara langsung. ’’Kami gilir, Minggu berikutnya kelas atasnya,’’ katanya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : uzi/c6/any

Saksikan video menarik berikut ini: