alexametrics

Sudah Ambruk, Jembatan Kacangan Gresik Diterjang Arus Air Kali Lamong

28 Mei 2022, 06:52:56 WIB

JawaPos.com- Kenaikan debit air Kali Lamong dalam beberapa hari terakhir, membuat kondisi jembatan di Desa Kacangan, Kecamatan Benjeng, semakin memprihatinkan. Nyaris jebol terseret arus. Kini, akses vital di wilayah Gresik selatan itu praktis tidak lagi bisa dilintasi.

Jembatan Kacangan itu sudah ambruk sejak akhir 2021 lalu. Bagian tengahnya patah hingga melengkung. Jembatan yang dibangun pada 2002 itu ambruk karena tebing di sekitar lokasi longsor. Entah kapan kepastian jembatan itu akan dibangun lagi.

Yang jelas, sebelum ambruk jembatan itu masih bisa dilewati kendaraan roda empat maupun roda dua. Namun, sejak ambruk, beberapa sepeda motor masih dapat melintasi akses tersebut. Kini, setelah diterjang arus air Kali Lamong, jembatan sepanjang 90 meter itu tak lagi bisa dipakai.

Dari video amatir yang beredar kemarin, air bersama tumpukan sampah telah menggenangi jembatan tersebut. Bagian tengah jembatan pun terendam. Hanya tampak sisi ujung jembatan. Sejumlah orang berupaya membersihkan sampah-sampah yang ada agar tidak mengganggu aliran air.

Seperti pernah diberitakan, kabarnya perbaikan jembatan tersebut akan segera dilaksanakan. Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Pemkab Gresik masih menunggu tahapan lelang selesai. Jika tidak ada kendala, mulai Juni in pengerjaan bisa dilakukan. Dari website LPSE Kabupaten Gresik, penandatanganan kontrak pekerjaan dilakukan pada 7 Juni.

Kepala Dinas PUTR Pemkab Gresik Achmad Hadi menyatakan, karena kejadian ambruknya Jembatan Kacangan itu pada akhir tahun 2021 maka pemkab baru mengalokasikan anggaran tahun ini. Dia menargetkan pengerjaan akan berjalan cepat dan selesai sebelum tutup 2022.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : Galih Wicaksono

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads