Sosialisasi Perwali tentang Kantong Plastik di Surabaya Diperpanjang

28 April 2022, 20:15:49 WIB

JawaPos.com– Masa sosialisasi Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik di Kota Surabaya diperpanjang hingga dua bulan ke depan. Sebab, masih banyak warga yang menggunakan kantong plastik. Terutama di pasar rakyat dan restoran.

Subkoordinator Penanganan Limbah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya Yustisia Putri Ciptorini menjelaskan, sosialisasi perwali dilakukan selama 30 hari dan seharusnya selesai pada 9 April.

Namun, karena masih awal, akhirnya sosialisasi diperpanjang kembali hingga satu sampai dua bulan ke depan. ”Perwali ini kan disahkan pada 9 Maret lalu,” terangnya kemarin (27/4) siang.

Menurut Yustisia, masa sosialisasi diperpanjang karena masih banyak yang menggunakan kantong plastik. Terutama di restoran dan pasar rakyat. Sementara, di toko swalayan dan minimarket, penggunaan kantong plastik belanja menurun hingga 80 persen.

Penerapan belanja tanpa kantong plastik di pasar dan restoran masih menjadi pekerjaan rumah (PR). Kondisi itu disebabkan banyak faktor. ”Salah satunya, masalah edukasi ke pedagang. Terlebih di pasar. Jumlah pedagang banyak. Mereka berasal dari berbagai lapisan masyarakat,” jelasnya.

Meski begitu, pengawasan akan terus dilakukan. Tim pengawasan dan pembinaan juga diterjunkan ke lokasi. Tujuannya, memberikan edukasi kepada masyarakat. Selain itu, nanti beberapa komunitas atau aktivis lingkungan ikut membantu. Salah satunya, Komunitas Nol Sampah.

”Mereka ini sifatnya membantu. Kami memiliki tim sendiri,” ujar Yustisia.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : omy/c14/ai



Close Ads