alexametrics

DLH: Ruang Terbuka Hijau di Surabaya 22 Persen

28 April 2022, 12:26:15 WIB

JawaPos.com- Ruang terbuka hijau (RTH) memiliki fungsi penting sebagai penjaga keseimbangan lingkungan serta pengendali tata air kota. Di Kota Pahlawan, luasan kawasan hijau sudah ideal. Persentasenya lebih dari 20 persen.

Pada 2021, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya mencatat persentase RTH Surabaya 22 persen. Luasnya mencapai 7.357,96 hektare (ha). Sementara itu, luas wilayah metropolis 33.451 ha.

Kepala DLH Surabaya Agus Hebi Djuniantoro menyampaikan batasan RTH. Sesuai UU 26/2007 tentang Penataan Ruang dan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) 5/2008 tentang Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau di Kawasan Perkotaan, luas minimal RTH 20 persen. ”Surabaya sudah mencapai target itu, bahkan lebih,” katanya.

Kabid Pengendalian Pencemaran dan Pengelolaan Keanekaragaman Hayati (P3KH) DLH Surabaya Chamida mengatakan, luasan RTH di Surabaya terdiri atas beragam jenis lahan. Mulai makam, boezem, hingga lapangan olahraga. Semuanya dihitung sebagai satu kesatuan yang memiliki manfaat utama sebagai RTH.

”Yang paling luas adalah area kawasan lindung. Yakni, mencapai 4.570 hektare. Sementara yang paling kecil adalah hutan kota, luasnya hanya 66,03 hektare,” katanya.

Tiap tahun luasan RTH di Surabaya terus bertambah. Peningkatan luasan itu, antara lain, dipicu penyerahan prasarana, sarana, dan utilitas umum (PSU) dari pengembang ke pemkot. Contohnya, taman yang semula dikelola perumahan diserahkan ke pemkot. ”Agar luasan RTH terus bertambah, pemkot berupaya PSU bisa segera diserahkan,” ucap Chamida.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : gal/c6/aph

Saksikan video menarik berikut ini: