alexametrics

Pascapandemi, Bupati Muhdlor: Harus Semakin Geliat Event Seni Budaya

28 Maret 2022, 09:00:10 WIB

JawaPos.com- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Komisi X DPR menghelat BISA Fest, pertunjukan seni tari dan musik tradisional, secara bergiliran di berbagai tempat di Indonesia.

Kemarin (27/3) giliran di Sidoarjo. Tepatnya di kawasan Candi Pari, Kecamatan Porong. Belasan seniman tari dan musik tradisional tampil. Tak terlewat, pertunjukan tari khas Sidoarjo tari Banjarkemuning.

Wahyu Wicaksono, perwakilan Kemenparekraf bidang koordinator event internasional, menjelaskan bahwa pergelaran itu diadakan di objek wisata untuk menambah daya tarik objek wisata tersebut. Selain itu, muncul kepercayaan dari wisatawan agar mau berkunjung. Pascapandemi, wisata harus bangkit.

”Prokes sudah diterapkan. Harapannya, destinasi wisata di Sidoarjo bisa terpromosikan dengan baik,” tutur Wahyu.

Bupati Sidoarjo Ahmad Mudhlor Ali menyampaikan, tempat wisata seperti Candi Pari berkaitan erat dengan tari, musik, ataupun hasil kebudayaan yang lain. Sebab, hal tersebut menjadi kesatuan ekosistem yang membuat tempat wisata semakin lengkap.

Namun, ekosistem penunjang yang lain juga harus ada. Misalnya, dukungan aparat pemerintahan setempat hingga komunitas-komunitas seni dan budaya. ”Sehingga efeknya akan lebih banyak. Misalnya, ekonomi di sekitarnya bakal terangkat,” ujarnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : uzi/c14/any

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads