alexametrics

Wisata Kampung Pecinan Gresik Dibuka Mulai Februari

28 Januari 2022, 16:55:22 WIB

JawaPos.com- Penataan kawasan heritage (cagar budaya) di Kota Gresik bakal berlangsung selama 2022 ini. Namun, untuk Kampung Pecinan, penataan sudah diselesaikan. Rencananya, dinas pariwisata, ekonomi kreatif, kebudayaan, kepemudaan, dan olahraga (Disparekrafbudpora) Gresik membuka Kampung Pecinan untuk wisata pada Februari mendatang.

Di kampung Jalan Setya Budi itu terdapat Kelenteng Kim Hin Kiong. Kini suasana dan pemandangannya sudah berubah. Sebelumnya jalan kampung itu dari paving biasa, kini diganti paving berwarna.

Tidak hanya itu, penerangan jalan umum (PJU) juga diganti baru dengan nuansa Tionghoa. Ada tulisan bahasa Mandarin yang dilengkapi ornamen naga di PJU tersebut. Suasana di jalan kampung hingga menuju ke kelenteng sangat kental Tionghoa.

Kepala Disparekrafbudpora Sutaji Rudi menyatakan, penataan di Kampung Pecinan menjadi titik awal wisata heritage di tujuh ruas jalan yang akan diselesaikan tahun ini. Khusus di Kampung Pecinan itu, pihaknya akan membuka untuk wisata mulai Februari mendatang.

’’Di sana suasana Tionghoa sangat kental. Bisa menjadi wisata tersendiri bagi masyarakat yang ingin berswafoto khas Negeri Tirai Bambu itu,” ucapnya.

Ke depan, menyusul Kampung Pecinan itu, juga akan ada Kampung Arab, bangunan khas kolonial, hingga bangunan pribumi di tujuh ruas jalan. Pihaknya berharap dibukanya wisata Kampung Pecinan itu mampu mendongkrak pendapatan dan angka wisatawan dari luar daerah.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : son/c12/diq

Saksikan video menarik berikut ini: