alexametrics

Warga Korban Lumpur Sidoarjo Tuntut Setifikat Tanah

28 Januari 2022, 17:19:19 WIB

JawaPos.com- Puluhan warga korban Lumpur Sidoarjo yang sudah direlokasi ke Desa Renojoyo, Kecamatan Porong, Kamis (27/1) melakukan aksi di depan kantor Pemkab Sidoarjo. Mereka menuntut percepatan pemberian sertifikat tanah di tanah yang mereka tempati saat ini.

Muhammad Suhartono, koordinator aksi, menyatakan, sejak 13 tahun lalu, warga Renokenongo direlokasi ke Desa Renojoyo. Sebab, desa awal mereka terendam lumpur. Total, ada 650 kavling tanah yang ditempati warga.

Meski mereka sudah belasan tahun menempatinya, sertifikat tanah tidak kunjung keluar. Sebab, 650 kavling tanah yang kini menjadi rumah tersebut merupakan lahan zona hijau. Artinya, rumah tidak boleh dibangun di sana. Namun, para warga saat itu direlokasi dan membangun rumah di sana lantaran rumah awal mereka sudah tertelan lumpur.

Asisten I Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesra Pemkab Sidoarjo M. Ainur Rahman menuturkan, permintaan warga menjadi perhatian pemkab. Ada dua solusi yang ditawarkan. Pertama, membahas masalah tersebut dalam forum penataan ruang pada 8 Februari mendatang.

Hasil forum itu nanti berupa rekomendasi yang diteruskan ke Kementerian ATR/BPN. Rekomendasinya, Kementerian ATR/BPN memberikan rekomendasi penerbitan sertifikat. ”Kalau ada rekomendasi dari kementerian, tidak masalah muncul sertifikatnya meski di lahan hijau,” jelas Ainur.

Solusi kedua, menunggu revisi Perda Nomor 6 Tahun 2009 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) disahkan.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : uzi/c14/any

Saksikan video menarik berikut ini: