alexametrics

Okupansi Bed Covid-19 di Jawa Timur Masih Aman

28 Januari 2022, 18:32:59 WIB

JawaPos.com – Pertambahan pasien baru Covid-19 di Jatim selama tiga hari terakhir cukup signifikan. Rata-rata ada lebih dari 200 kasus per hari. Hingga Kamis (27/1), tercatat sedikitnya sudah ditemukan 800 kasus baru dalam sepekan.

Sejauh ini, pertambahan pasien aktif belum berpengaruh drastis terhadap tingkat hunian bed Covid-19 di seluruh fasilitas layanan kesehatan (fasyankes). ’’Tapi, tidak berarti kami menganggap situasi saat ini biasa,’’ ujar Juru Bicara Satgas Covid-19 Jawa Timur dr Makhyan Jibril.

Saat ini Jatim memiliki 1.509 bed untuk ICU Covid-19. Dari jumlah tersebut, hanya 4 persen yang ditempati. Sementara itu, bed isolasi mencapai 10.472. Hingga kemarin, bed isolasi baru terisi 2 persen. ’’Ketersediaannya sangat aman,’’ jelasnya.

Dari evaluasi terakhir, diperkirakan para pasien baru yang terpapar virus korona hanya mengalami gejala ringan dan sedang. Mereka cukup menjalani isolasi mandiri. Karena itu, jumlah pasien yang dirawat di fasyankes belum menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Sejauh ini, kenaikan kasus baru selama beberapa pekan terakhir merupakan dampak libur panjang akhir dan awal tahun. Fenomena itu sudah diprediksi pemerintah. Diperkirakan, lonjakan terus terjadi hingga Februari dan mulai turun pada Maret.

Selain jumlah kasus baru yang mengalami tren kenaikan, tingkat persebaran virus alias rate of transmission (RoT) antarwilayah di Jatim juga mengalami perubahan. Sebelumnya hanya satu daerah yang masuk kategori merah. Kini ada delapan daerah. Yakni, Tuban, Kota Malang, Surabaya, Mojokerto, Malang, Sidoarjo, Madiun, dan Sampang.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : riq/c12/ris

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads