Truk Terguling, Waspada saat Melintas di Jembatan Masangan Wetan

27 September 2022, 10:39:48 WIB

JawaPos.com- Sebuah truk bermuatan potongan kayu oleng dan terguling saat hendak menaiki jembatan layang di Masangan Wetan, Sukodono, Sidoarjo, Senin (26/9) sore. Alhasil, arus kendaraan dari arah timur dan barat jembatan yang berada di atas jalan tol itu terhambat.

Mahendra, warga sekitar, mengatakan, insiden itu terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Menurut dia, truk terguling saat hendak berusaha naik dan melewati atas jembatan. Tetapi, belum sempat naik, truk malah oleng dan terguling. ”Sempat kayak nyendat-nyendat gitu naiknya,” ujar pria 28 tahun tersebut.

Menurut Mahendra, truk yang oleng di tanjakan jembatan layang itu cukup sering terjadi. ”Dulu pernah truk boks oleng di sana,” ungkapnya. Sekitar pukul setengah 3 sore, Unit Lantas Polsek Sukodono datang untuk membantu proses evakuasi dan mengatur lalin.

Untungnya, jembatan layang tersebut bukanlah satu-satunya akses dari Desa Kloposepuluh menuju Desa Masangan Wetan. Ada jembatan lama di sisi utara. ”Jembatan yang selatan ini memang baru tiga atau empat tahunan begitu,” kata Mahendra.

Jembatan baru itu menjadi akses bagi kendaraan dari timur menuju barat. Sedangkan kendaraan dari arah sebaliknya menggunakan jembatan lama. Truk dengan tinggi bak sekitar 3 meter dan panjang 5 meter tersebut menutup setengah akses ke jembatan yang memiliki lebar 4 meter itu.

Ditambah lagi balok-balok kayu kecil yang berserakan, juga menambah keruwetan lalu lintas di sana. ”Tadi hampir ada motor yang jatuh karena ngelindes balok kayu itu,” katanya.

Setelah berjibaku kurang lebih tiga jam, akhirnya pada pukul 17.45 WIB truk berhasil diberdirikan. Sedangkan muatan kayu masih berserakan di jalanan. Kanitgakkum Laka Satlantas Polresta Sidoarjo Iptu Ony Purnomo mengatakan, penyebab truk tidak kuat naik dan oleng diduga muatan yang dibawa melebihi tonase.

Di sisi lain, Ony juga menyoroti akses jalanan yang curam dan cukup menikung. ”Dugaan kami, penyebabnya adalah dua hal tersebut: muatan yang berlebih dan berusaha naik jembatan dengan tikungan tajam dan tanjakan yang cukup curam. Tentu jalanan itu akan jadi perhatian dan akan kami evaluasi lagi dengan pihak terkait,” ungkapnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : eza/c9/any

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads