Kondisi Pasar Kembang Surabaya Kian Memprihatinkan

27 September 2022, 10:31:21 WIB

JawaPos.com- Kondisi bangunan lantai 2 Pasar Kembang Surabaya kian memprihatinkan. Lubang memenuhi atap gedung. Fondasi bangunan pun terlihat rapuh. Setelah dilalap api setahun lalu, pusat jajanan di Surabaya itu belum juga direvitalisasi.

Achmad, salah seorang pedagang Pasar Kembang di lantai 1, mengatakan, saat hujan, air menerobos atap bangunan lantai 2 yang bolong-bolong. Alhasil, lantai 1 kerap tergenang. Pedagang juga waswas atap pasar seketika ambruk. ”Takut kalau ambruk saja,” tuturnya kemarin (26/9).

Kepala Pasar Kembang Sri Nuryani menyampaikan, ada 200 pedagang yang masih aktif berjualan di lantai 2. Mereka ditempatkan di sayap kanan atau sisi utara pasar. Sepintas, area utara juga tidak sepenuhnya aman. Sebab, ada beberapa titik atap yang berlubang. ”Kami satukan pedagang di area utara karena di sisi kiri atapnya bolong-bolong,” katanya.

Sepekan setelah kebakaran, para pedagang lantai 2 diberi tempat berjualan di area parkir pasar. Namun, setelah dievaluasi, tempat itu tak nyaman bagi pedagang untuk menjajakan dagangan.

Pedagang tetap bertahan di Pasar Kembang meski kondisinya sangat tidak layak. Alih-alih memberikan keringanan, Perusahaan Daerah Pasar Surya (PDPS) selaku pengelola pasar tidak mengurangi iuran retribusi. Besarnya Rp 178 ribu.

Anggota Komisi B DPRD Surabaya Zuhrotul Mar’ah meminta pembenahan lantai 2 segera berjalan. Sebab, saat ini pedagang tidak nyaman saat berjualan. Mereka terpaksa berdesak-desakan. ”Jangan sampai ada korban baru, segera ditata,” ungkapnya saat sidak kemarin.

Politikus PAN itu mengusulkan pembenahan Pasar Kembang memakai skema kerja sama dengan pihak ketiga. Dengan begitu, revitalisasi berjalan cepat. Minimal, bagian atap dibersihkan terlebih dulu. ”Jangan tunggu dana dari APBN, terlalu lama,” ucap Zuhrotul.

Terpisah, Direktur Utama PDPS Agus Akhir Priyono menuturkan, saat ini pihaknya masih menghitung kebutuhan anggaran revitalisasi Pasar Kembang. Dia memastikan proyek pembenahan segera berjalan jika anggaran siap. ”Untuk kepastiannya, ketika sudah oke langsung gerak. Kami ingin para pedagang bisa nyaman dan pembeli aman juga,” ucapnya. 

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : sam/c19/aph

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads