alexametrics

Ayah Ditetapkan PDP Covid-19, Anak Tuntut Ganti Rugi Rp 104,2 Miliar

Gugat RS dan Dokter di PN Surabaya
27 September 2021, 10:48:08 WIB

JawaPos.com – Vicky Wijaya Erwan Putra menggugat Rumah Sakit (RS) Darmo di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Selain itu, dua dokter yang bertugas di rumah sakit tersebut ikut digugat. Anak mendiang Erwan Siswoyo itu merasa dirugikan dengan penetapan ayahnya sebagai pasien dalam pengawasan (PDP) tahun lalu. Akibat penetapan status itu, mendiang Erwan harus dimakamkan dengan protokol Covid-19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Keputih.

Pengacara Vicky, Feldo D. Keppy, menyatakan, sebelum meninggal, Erwan yang tidak sadarkan diri dilarikan keluarga ke RS Darmo pada Jumat, 12 Juni 2020. Dokter sempat menolong dengan menggunakan alat pacu jantung sesampainya di ruang unit gawat darurat (UGD). Namun, nyawa pengusaha percetakan itu tidak terselamatkan.

Pihak rumah sakit hari itu juga mengeluarkan surat kematian Erwan. Surat itu menerangkan bahwa pasien sudah meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit atau dead on arrival (DOA). Namun, di bagian bawah surat tertulis notabene (NB) atau catatan kecil yang menyatakan Erwan berstatus PDP.

Vicky dan keluarga Erwan lainnya berkeberatan. Mereka meyakini mendiang meninggal bukan karena Covid-19. Sebab, sehari sebelumnya Erwan di-rapid test di klinik Jalan Diponegoro saat checkup riwayat penyakit jantungnya. Hasilnya, Erwan dinyatakan nonreaktif Covid-19.

”Penggugat merasa dirugikan dengan penetapan infeksius PDP yang dilakukan secara sembrono dan tidak sesuai prosedur yang semestinya, baik materiil maupun imateriil,” ujar Feldo.

Vicky dan keluarganya sempat berusaha memindahkan kuburan ayahnya dari TPU Keputih. Namun, mereka harus melalui proses yang rumit. Mereka yang sudah mendapatkan izin memindahkan kuburan Erwan sempat batal. Sebab, Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Kebersihan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya menganulir izin yang mereka keluarkan.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : gas/c19/eko

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads