alexametrics

Pedagang PGS Berharap Ada Kompensasi Penutupan

27 Juli 2021, 17:04:53 WIB

JawaPos.com – Hampir sebulan aktivitas perdagangan di Pusat Grosir Surabaya (PGS) terhenti sejak PPKM darurat berlaku pada 3–20 Juli. Kini pelaksanaan PPKM level 4 kembali dilanjutkan hingga 2 Agustus mendatang untuk menekan penularan Covid-19. Nyaris tanpa pemasukan, mereka masih harus dibebani berbagai biaya, termasuk pajak.

Ketua Perkumpulan Pedagang Pusat Grosir Surabaya (P3GS) Sujianto mengungkapkan, dampak atas keputusan pemerintah untuk menutup pusat perbelanjaan itu sangat terasa. Salah satunya, tidak ada penghasilan dan memaksa para pedagang merumahkan sebagian karyawannya. ”Dampaknya sudah melebihi PSBB tahun lalu,” katanya Senin (26/7).

Sujianto menjelaskan, saat PPKM darurat diberlakukan, omzet pedagang PGS yang masih memanfaatkan sarana daring untuk berjualan turun 80 persen. Pedagang konvensional bahkan sampai tidak mendapatkan pemasukan sama sekali.

Dia menyatakan, setelah mengetahui PPKM diperpanjang sampai 2 Agustus, perwakilan pedagang dan P3GS langsung melakukan audiensi dengan pengelola PGS. Tujuannya, menyampaikan sejumlah aspirasi. Salah satunya tentang permohonan kompensasi biaya service charge dari pengelola PGS. ”Sekaligus membawa aspirasi agar pedagang dapat kembali beroperasi setelahnya,” ujarnya.

Bagi Sujianto, dampak PPKM darurat tidak hanya dirasakan seluruh pedagang yang berjumlah 1.450 orang. Tetapi juga 4.500 pegawai. Jumlah pegawai itu, kata Sujianto, belum termasuk para pekerja lepas jasa angkut dan pengayuh becak yang setiap hari menggantungkan mata pencaharian di PGS.

Dia berharap pelaksanaan PPKM level 4 tidak diperpanjang lagi dan para pedagang dapat kembali berjualan pada 3 Agustus. Dia juga berharap pemerintah memberikan relaksasi dan keringanan pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) serta pajak pribadi. ”Semoga ada realisasi soal kompensasi itu. Minimal meringankan pajak kami. Tanggal 31 nanti terakhir dibayar. Padahal, sebulan belum ada pemasukan,” ungkapnya. Sujianto juga meminta bantuan sosial menyasar pegawai dan para pekerja lepas di PGS.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : zam/c14/ady

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads