alexametrics

Perketat Keamanan Perumahan dan Kos-kosan di Menanggal Surabaya

27 Juni 2022, 12:45:11 WIB

JawaPos.com- Pembobolan rumah beberapa kali terjadi di kawasan Gayungan, Surabaya. Pemetaan daerah rawan pun dilakukan aparat kepolisian. Terutama di kawasan Menanggal. Polisi sudah melakukan pemetaan untuk menekan aksi kejahatan.

Sebagaimana informasi, kasus pembobolan rumah di Gayungan kali terakhir terjadi dua minggu lalu. Pelaku berhasil masuk rumah melalui atap. Barang berharga senilai Rp 50 juta raib dibawa tersangka.

Bermodal dari rekaman CCTV, tersangka dibekuk kurang dari 24 jam. Menyikapi hal itu, Kapolsek Gayungan Kompol Suhartono menegaskan, pihaknya sudah membuat pemetaan penanganan pencegahan kasus pembobolan rumah. ”Sudah kami petakan wilayah mana yang rawan,” terangnya.

Menurut dia, daerah Menanggal menjadi kawasan rawan. Setidaknya sudah ada dua kejadian. Meski begitu, pengamanan di semua wilayah juga diperketat. Apalagi, di Gayungan banyak perumahan dan kos-kosan. Dua lokasi tersebut kerap menjadi sasaran kejahatan.

Koordinasi dengan semua pihak juga dilaksanakan. Mulai petugas satpam setempat hingga tim tiga pilar. Selain itu, kata Suhartono, pihaknya menggelar patroli secara rutin dengan tim tiga pilar. Baik secara terbuka maupun bersifat pemantauan. Tujuannya, mengawasi lingkungan. Terutama mencegah kasus pembobolan rumah. ”Siang malam kami lakukan. Ini penting,” jelasnya.

Menurut Suhartono, motif atau modus yang digunakan hampir sama dengan kasus sebelumnya. Pelaku biasanya menggambar lokasi dahulu. Dia melihat situasi dan lingkungan sekitar. Termasuk waktu sepinya rumah yang akan dibobol.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : omy/c19/ai

Saksikan video menarik berikut ini: