Ini Aturan Baru Penyembelihan Hewan Kurban di RPH Surabaya

27 Juni 2022, 18:40:46 WIB

JawaPos.com- Kementerian Agama (Kemenag) sudah menyosialisasikan surat edaran (SE) pelaksanaan Idul Adha serta penyembelihan hewan kurban. Beberapa aturan anyar dituangkan dalam SE Nomor 10 Tahun 2022 itu.

Selain menyoroti penerapan protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah persebaran Covid-19, SE juga menganjurkan penyembelihan hewan kurban dilakukan secara terpusat. Salah satunya dilakukan di rumah potong hewan (RPH).

Bukan cuma penyembelihan. Melainkan seluruh proses hingga pengemasan. Dengan begitu, semua daging kurban yang disembelih aman untuk dikonsumsi. Bebas dari wabah PMK.

SE dari Kemenag direspons cepat oleh RPH Pegirian, Semampir. Jasa penyembelihan hewan kurban telah dibuka.

Direktur Utama RPH Surabaya Fajar Arifianto Isnugroho mengatakan, jasa penyembelihan berlangsung selama empat hari. Sesuai dengan syariat berkaitan dengan hari Tasyrik. Dimulai dari hari H Idul Adha.

Untuk itu, RPH juga telah mempersiapkan kuota penyembelihan. ”Dengan jumlah total sapi yang disediakan 280 ekor sapi, berarti dalam satu hari maksimal penyembelihan sebanyak 70 ekor sapi,’’ jelas Fajar.

Sampai saat ini antrean yang masuk untuk jasa penyembelihan mencapai 120 ekor. Begitu juga pemesanan hewan kurban. Saat ini pembelian sapi telah mencapai 56 ekor. Hewan-hewan kurban didatangkan dari wilayah bebas wabah PMK, salah satunya beberapa kawasan di Madura.

Untuk melayani pembeli, sekitar 30 sapi telah datang dan masuk kandang RPH. Guna mencegah persebaran wabah PMK, semua hewan kurban mendapatkan perawatan ekstra. Setiap hari sterilisasi dilakukan di kandang melalui penyemprotan disinfektan. Untuk menjaga kebersihan mulut, sapi diberi makan rumput potong.

Jumlah masyarakat ke RPH juga dibatasi. Masyarakat yang berada di RPH harus steril. Beberapa aturan wajib dipatuhi. Sebelum masuk RPH, mereka harus disterilkan dengan menyemprotkan disinfektan, memakai masker, dan menggunakan sepatu bot.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : ian/c6/ady

Saksikan video menarik berikut ini: