Akhir Juni Lelang Proyek Angkutan Sungai Kalimas Surabaya Beres

27 Juni 2022, 18:49:22 WIB

JawaPos.com- Lelang program angkutan sungai Kali Mas Surabaya hampir rampung. Dalam waktu dekat, Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya menetapkan pemenang tendernya. Pakar transportasi menyarankan Sungai Kalimas difungsikan untuk jalur angkutan barang terlebih dahulu.

Pakar transportasi air Surabaya Ali Yusa mengapresiasi pemanfaatan sungai menjadi jalur transportasi di Surabaya. Gagasan itu akan menghidupkan kembali fungsi Sungai Kalimas sebagai jalur perdagangan dan angkutan penumpang. ”Ekonomi Surabaya bakal tumbuh,” ujarnya.

Ali meminta pemkot tidak terburu-buru menjadikan Kalimas sebagai jalur angkutan penumpang. Lebih baik, untuk tahapan awal, digunakan sebagai jalur angkutan barang. ”Lambat laun penumpang akan ramai,” ucapnya.

Pertimbangan lain, di sepanjang Sungai Kalimas banyak aktivitas ekonomi. Alirannya menghubungkan Pasar Pabean dan Pasar Keputran. Menurut Ali, potensi itu harus dioptimalkan pemkot.

”Selanjutnya pemkot harus segera memfungsikan lagi pintu air di Bendung Karet. Sebab, pintu air di sana yang menjadi jalur lalu lintas kapal untuk melintasi bendungan,” tuturnya.

Sementara itu, Kasi Angkutan Jalan dan Penumpang Dishub Surabaya Ali Mustafa mengatakan, proses lelang transportasi sungai berjalan sejak awal Juni lalu. Saat ini sudah ada nama-nama kandidat yang bakal ditunjuk sebagai pemenang tender. ”Targetnya akhir Juni pemenang lelang sudah ditetapkan,” sebutnya.

Tender angkutan sungai sempat gagal. Sebab, peserta lelang tidak memenuhi kriteria yang ditetapkan Dishub Surabaya. Peserta lelang belum bisa merancang kajian dan masterplan transportasi air. ”Di lelang kedua ini semoga hasilnya sesuai harapan,” kata Ali.

Setelah pemenang lelang ditunjuk, dibutuhkan waktu sebulan untuk menyelesaikan studi transportasi air. Diperkirakan September seluruh kajian tuntas. ”November pengerjaan transportasi air berjalan,” pungkasnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : gal/c17/aph

Saksikan video menarik berikut ini: