alexametrics

Proyek Koneksi Alun-Alun Surabaya dengan Balai Pemuda Tunggu Dana

27 Mei 2022, 16:40:42 WIB

JawaPos.com- Rencana lanjutan pengembangan basemen Alun-Alun Surabaya di Balai Pemuda (Balpem), sejauh ini belum menemui titik terang. Dinas perumahan rakyat dan kawasan permukiman serta pertanahan (DPRKPP) masih menunggu arahan dari tim anggaran. Sebab, pengerjaannya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Pembangunan Alun-Alun Surabaya memang sudah rampung. Namun, pemkot memiliki konsep pengembangan kawasan tersebut. Salah satunya, mengoneksikan basemen dengan lahan yang berada di Jalan Pemuda 17 dan satu bangunan Jalan Yos Sudarso.

Dengan koneksi tersebut, jalan masuk menuju alun-alun menjadi dua titik. Yakni, dari area Balpem yang sekarang dan Jalan Yos Sudarso. Pengerjaan terowongan itu diperkirakan menelan biaya yang tidak sedikit. ’’Masih belum, hanya perencanaan,’’ kata Kabid Bangunan DPRKPP Surabaya Iman Krestian.

Dia menuturkan, pihaknya saat ini masih menunggu tim anggaran terkait realisasi rencana tersebut. Sebab, biaya yang dikeluarkan nanti cukup besar. Apalagi, saat ini pemkot masih berfokus pada pemberdayaan ekonomi warga dulu. Terlebih dalam pemulihan situasi pandemi.

Soal jadwal realisasi, kata Iman, pihaknya belum bisa memastikan. Semuanya menyesuaikan anggaran dan situasi yang ada. Yang jelas, lahan di Jalan Pemuda 17 sudah menjadi milik pemkot. ’’Pengerjaannya kapan, kami juga belum tahu,’’ terangnya.

Pengembangan kawasan alun-alun sisi timur juga masih dibahas. Detailnya seperti apa nanti mengikuti anggaran. ’’Intinya, bagaimana lahan aset itu bisa dimanfaatkan secara maksimal,’’ paparnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : omy/c7/ai

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads