alexametrics

Perak Timur dan Utara Digabung, Warga Tidak Perlu Bingung soal KTP

27 Mei 2022, 22:38:39 WIB

JawaPos.com- Tak lama lagi, Kelurahan Perak Utara dan Perak Timur, Surabaya, bakal menyatu dalam satu wilayah. Keduanya melebur menjadi Kelurahan Tanjung Perak. Peraturan daerah (perda) sebagai landasan penggabungan sudah rampung dibahas, tinggal menunggu petunjuk teknis peraturan wali kota (perwali) serta kode kelurahan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Rencana penggabungan dua kelurahan di Kecamatan Pabean Cantikan itu bergulir sejak 2018. Pembahasannya memang membutuhkan waktu yang panjang, sekitar empat tahun. Pada 23 Mei, akhirnya terbit Perda 2/2022. Regulasi tersebut memuat dasar penggabungan Kelurahan Perak Utara dan Perak Timur.

Kedua wilayah akan berganti menjadi satu nama, yakni Kelurahan Tanjung Perak. Jumlah kelurahan di Pabean yang semula berjumlah lima kelurahan bakal berkurang menjadi empat. Salah satu tujuannya tentu untuk memaksimalkan fungsi pelayanan pemerintahan di sana.  ”Target kami penggabungannya tuntas tahun ini, maksimal Desember,” kata Kabag Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Arief Boediarto kemarin (26/5).

Penyatuan dua wilayah tersebut mengakibatkan adanya sejumlah perubahan. Misalnya, komposisi pegawai. Untuk urusan itu, Arief menyebut akan melibatkan badan pertimbangan jabatan dan kepangkatan (baperjakat). Baperjakat akan memberikan masukan soal porsi pegawai dan penempatan kerja. ”Bagaimana distribusi pegawainya nanti dibahas,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Pabean Cantian Muhammad Januar Rizal mengatakan, persiapan penggabungan dua kelurahan itu sudah disiapkan jauh-jauh hari. Bahkan, warga sudah mengetahui rencana tersebut.

Karena itu, terbitnya Perda 2/2022 tidak membuat warga bingung. ”Contohnya soal urusan kartu kependudukan, warga kan sudah perekaman. Jadi, nanti tinggal cetak e-KTP baru dibantu dinas kependudukan dan pencatatan sipil (dispendukcapil),” jelas Rizal.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : gal/sam/c6/aph

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads