alexametrics

Pemkot Surabaya Bakal Buat Kantin Sehat di Tiap SD-SMP

Wali Kota Eri Janjikan Sekolah Ramah Anak
27 Mei 2022, 22:02:03 WIB

JawaPos.com–Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya menyusun SOP dan melakukan uji coba pembukaan kantin sehat. SOP itu akan berkaitan dengan gizi dan kebersihan penyajian makanan di kantin serta pola pembeliannya.

”Mungkin anak-anak tidak semua pergi ke kantin, bisa dimodel seperti restoran. Anak-anak akan memesan makanan dan diantarkan pihak kantin ke kelas. Nanti sekolah bisa menyiapkan tempat membuang sampah,” papar Kepala Dispendik Kota Surabaya Yusuf Masruh, Jumat (27/5).

Sesuai dengan instruksi Wali Kota Eri Cahyadi, pada tahun ajaran baru, Dispendik Kota Surabaya memberikan jam pelajaran tambahan yang berkaitan dengan pembentukan karakter siswa. ”Sesuai dengan pesan Wali Kota Eri Cahyadi, akan diberikan jam tambahan untuk memberikan contoh dan teladan yang berhubungan dengan pembentukan karakter siswa,” ujar Yusuf.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi minta penguatan peran Unit Kesehatan Siswa (UKS) melalui kantin sehat untuk pencegahan hepatitis hingga pencegahan tindak pidana kekerasan seksual pada anak. Hal itu sebagai upaya menciptakan sekolah ramah anak di Kota Pahlawan.

”Pola hidup bersih dan sehat (PHBS) harus tertanam dalam pikiran mulai dari anak-anak. Karena pendidikan yang tepat bagi anak-anak mampu membawa Surabaya menjadi kota yang hebat,” kata Eri.

Eri berharap, anak-anak dapat turut serta menjaga, mengingatkan, dan membantu mengobati rekannya yang sedang dalam kondisi tidak sehat selama berada di lingkungan sekolah. ”Para guru juga diharapkan bisa memberikan contoh dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bersih dari kantin sekolah. Sebab, anak-anak kita terbiasa belajar melalui objek visual,” terang Eri.

Menurut dia, apabila lingkungan pendidikan telah menciptakan PHBS, sekolah ramah anak dapat terwujud. Di mana para pelajar di Kota Surabaya harus merasa aman dan nyaman selama di lingkungan sekolah untuk mengakses pelajaran akademik dan non akademik.

Pada peringatan HJKS ke-729, Wali Kota Eri Cahyadi berharap seluruh perangkat daerah (PD) bisa bersinergi menciptakan anak-anak yang bisa menjaga dan merawat Kota Surabaya. Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya diminta menyediakan waktu selama 10 menit setelah jam pelajaran pendidikan selesai.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads