alexametrics

Marak Pengajuan Ganti Nama di PN Surabaya, Tujuannya agar Lebih Hoki

27 Mei 2022, 19:30:41 WIB

JawaPos.com – Permohonan penggantian nama menjadi salah satu perkara yang banyak diajukan di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Banyak alasan pemohon mengajukan permohonan nama, baik untuk dirinya sendiri maupun untuk anggota keluarganya. Ada yang karena ingin mendapat keberuntungan hingga anaknya yang sering sakit-sakitan.

Berdasar data PN Surabaya, selama awal tahun ini hingga April, tercatat sudah ada 73 permohonan penggantian nama yang diajukan. Sementara itu, sepanjang tahun lalu mencapai 115 permohonan dan tahun 2020 sebanyak 143 permohonan.

Humas PN Surabaya Anak Agung Gede Agung Parnata menyatakan, permohonan perubahan nama diajukan para pemohon untuk berbagai keperluan. ’’Kami sering mendapat alasan pemohon karena ingin hoki (beruntung, Red),’’ kata Agung.

Selain itu, ada orang tua yang mengajukan permohonan penggantian nama anaknya yang masih kecil. Nama anak yang sudah tercatat di akta kelahiran diubah lagi karena berbagai alasan. ’’Ada yang sakit-sakitan karena memakai nama tersebut, lalu mengajukan permohonan untuk ganti nama,’’ ujarnya.

Menurut Agung, alasan lain permohonan ganti nama yang diajukan di pengadilan karena ada salah ejaan nama antara yang tercatat di dokumen satu dan yang lainnya. ’’Misalnya, ada yang mengaku salah ketik di dispendukcapil sehingga meminta diubah ejaannya. Ada perbedaan nama saat dilahirkan dan yang tercatat di akta,’’ ucapnya. 

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : gas/c12/eko

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads