alexametrics

Ajak Warga Surabaya Manfaatkan Pembebasan Denda PBB sampai 31 Juni

27 Mei 2022, 16:51:09 WIB

JawaPos.com- Setiap tahun ada program pembebasan denda administrasi untuk pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB).  Agenda rutin menjelang hari jadi Kota Surabaya (HJKS). Untuk meningkatkan partisipasi wajib pajak (WP), para lurah turun ke masyarakat untuk sosialisasi.

Di Kecamatan Pakal, Lurah Benowo Iswan Arif mengatakan, pembebasan denda atau penghapusan sanksi administrasi para WP PBB sejatinya berlaku sejak 1 April. Namun, tingkat partisipasi masyarakat untuk membayar pajak memang belum tinggi. ’’Karena itu, kami masih harus turun untuk sosialisasi dan mengajak masyarakat agar mau membayar pajak,” ujarnya.

Menurut Arif, warga yang belum membayar PBB masih banyak. Lurah, kata dia, harus bisa melakukan pendekatan ke masyarakat agar mau memenuhi tanggung jawab sebagai pemilik aset. Kewajiban untuk membayar PBB harus dilaksanakan.

Lurah Sambikerep Hanang Adi Prasetyo juga mengatakan, sosialisasi rutin dilakukan. Terutama di sela-sela layanan administrasi kependudukan (adminduk) di balai RW ketika malam. ’’Bareng Pak Camat. Jadi, pelayanan malam sambil sosialisasi pembayaran PBB yang bebas denda itu,” katanya.

Hanang mengakui, tidak mudah membujuk masyarakat agar mau membayar PBB. Apalagi jika tunggakannya sudah berlangsung bertahun-tahun. Perlu pendekatan khusus agar mereka mau melaksanakan kewajibannya.

’’Kalau yang sudah menunggak bertahun-tahun itu, kan dendanya juga lumayan. Mumpung ada program ini (pembebasan denda, Red), jadi sebaiknya dimanfaatkan dengan baik,” ucapnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : adi/c7/ady

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads