alexametrics

Jengkel Layanan Air, PDAM Dipelesetkan Perusahaan Daerah Alasan Melulu

26 November 2021, 18:49:49 WIB

JawaPos.com- Untuk kali kesekian layanan air dari Perumda Giri Tirta Gresik kembali menjadi sasaran kegeraman pelanggan. Maklum, dalam beberapa hari terakhir distribusi air ke ribuan pelanggan macet. Padahal, sejatinya perubahan dari PDAM menjadi Perumda itu salah satunya diharapkan ada peningkatan layanan.

Namun, alih-alih ada perbaikan. Tetap saja, kerap dikeluhkan para pelanggan. Mereka pun memilih menumpahkan kekesalan itu melalui kanal media sosial. Beberapa di antaranya mempelesetkan kepanjangan PDAM sebagai perusahaan daerah angel metune hingga perusahaan daerah alasan melulu.

Memang, selama ini setiap kali suplai air mampet ke para pelanggan, beragam alasan atau penjelasan yang disampaikan manajemen. Mulai dari kebocoran pipa, kualitas dan kuantiras bahan baku atau suplai aliran listrik. Soal dalih kebocoran pipa itupun berganti-ganti. Suatu hari di tempat ini, lain waktu ganti di lokasi lainnya.

Kekesalan itu juga disampaikan Ludiono. Di laman media sosialnya, pentolan Ultras—sebutan suporter Gresik United—itu menuliskan uneg-uneg kekecewaannya. ‘’PDAM…PDAM, kapan PDAM nang daerahku iki gak mati-mati ngene iki (kapan PDAM di daerah saya ini tidak mampet seperti ini, Red),’’ ungkapnya.

Masak, lanjut dia, kapan hari sudah mati dua hari, lalu hidup tidak sampai seminggu sudah mampet lagi. Bahkan, mati sampai dua hari tiga malam. ‘’Mbok nek dipateni teko pusat, sing masyarakat jelata koyok ndewek ngene iki dikek’i weruh po’o (Kalau dimatikan dari pusat, warga jelata seperti saya ini diberi tahu, Red),’’ lanjut Cak Lud, panggilan akrab Ludiono.

Dia menambahkan, sebetulnya pihaknya tidak ingin ngomong soal PDAM. Namun, warga di wilayah Kebomas itu menyebut sudah keterlaluan. Jika ngomong, katanya cuma bisa protes. ‘’Wes mboh PDAM, nek niat mbok uripi yo mene isuk iso’o urip, nek gak niat mbok uripi yo mesisan tutupen wae krane PDAM iku (jika niat dihidupkan, ya besok segera hidupkan. Jika tidak, mending ditutup saja kran PDAM sekalian, Red),’’ tegasnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : son

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads