alexametrics

Akhir Pekan Ini, Car Free Day Surabaya Diadakan Lagi

26 Oktober 2021, 16:48:57 WIB

JawaPos.com – Berbagai kegiatan untuk masyarakat kembali digelar Pemkot Surabaya. Salah satunya, car free day (CFD) yang biasanya dimanfaatkan warga untuk berolahraga. Rencananya, mulai akhir pekan ini kegiatan tersebut kembali diadakan.

Kegiatan itu kembali digelar setelah Surabaya berada di level 1 pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Nanti masyarakat bisa menikmati lagi beraktivitas tanpa gangguan kendaraan bermotor. Menikmati pagi berolahraga di jalan raya.

Biasanya kegiatan itu diadakan di jalan-jalan utama Surabaya. Misalnya, Jalan Tunjungan, Jalan Raya Darmo, dan Jalan Kembang Jepun. Namun, untuk pembukaan pertama ini ada penyesuaian yang dilakukan. Tahap pertama, CFD bakal dihelat di satu titik saja. Kemudian nanti berlanjut ke tempat lain. Itu dilakukan bila keadaannya kondusif dan memungkinkan untuk digelar lagi.

Sebagai antisipasi kerumunan, ada ketentuan untuk melakukan scan barcode dengan aplikasi PeduliLindungi. Selain itu, pihaknya meminta masyarakat yang beraktivitas di CFD harus sudah divaksin. Hal itu diterapkan demi menjaga agar tidak muncul klaster akibat CFD. Kerumunan pun bisa dikontrol melalui aplikasi tersebut.

Sementara itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya menyebut pembukaan CFD bakal dilakukan bertahap. Untuk pekan ini, kawasan Jalan Kembang Jepun yang bakal dilakukan uji coba. ’’Kami lakukan dulu di satu titik,’’ terang Plt Sekretaris DLH Chamida.

Dia menjelaskan, pihaknya akan bersinergi lintas OPD untuk memantau CFD di sana. Linmas hingga dishub bakal mengatur arus keluar masuk orang. Menurunnya mobilitas dan kerumunan kelompok menjadi perhatian mereka.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : gal/c7/git

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads