alexametrics

10 Persen Lagi Jawa Timur Menuju Target Herd Immunity Covid-19

Tiga Problem Potensial Jadi Penghambat
26 Oktober 2021, 17:06:16 WIB

JawaPos.com – Perlahan, tapi pasti, cakupan vaksinasi dosis I di Jatim terus bertambah. Tercatat, 18,9 juta warga telah mendapatkan vaksin dosis pertama. Sementara itu, 10,5 juta warga sudah disuntik vaksin dosis kedua.

Dengan demikian, cakupan vaksinasi dosis pertama sudah mencapai 59,63 persen. Angka itu lebih tinggi daripada capaian nasional sebesar 54,75 persen. Dengan demikian, tinggal 10 persen lagi capaian vaksinasi dosis pertama bakal tembus 70 persen, sesuai dengan target menuju herd immunity.

Kini pemprov menargetkan capaian 70 persen bisa dipercepat dari proyeksi awal pada akhir 2021. Evaluasi terhadap jalannya pelaksanaan vaksinasi sudah dilakukan. Hasilnya, sejumlah perbaikan mulai digulirkan.

Apa saja? Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim Erwin Ashta Triyono menyatakan, ada beberapa kendala mengenai vaksinasi yang saat ini terjadi. Pertama, soal kabar kelangkaan vaksin. Stok vaksin di sejumlah kabupaten/ kota menipis. ’’Dari evaluasi, sebenarnya yang terjadi di lapangan bukan stok vaksin langka, melainkan diberikan bertahap sesuai permintaan,” katanya.

Untuk itu, Dinkes Jatim mendorong dinkes kabupaten/kota untuk aktif memberikan informasi mengenai stok vaksin di wilayah masing-masing agar proses vaksinasi bisa berjalan cepat. ’’Jika (stok vaksin, Red) akan habis, segera memberi tahu kebutuhan vaksin ke pusat,’’ ujarnya.

Selain itu, dinkes bekerja sama dengan daerah untuk menyediakan kekurangan vaksin dalam satu wilayah. Misalnya, jika ada permintaan Moderna tinggi di satu wilayah, sementara ada wilayah lain yang memiliki banyak stok Moderna, stok vaksin itu akan dialihkan ke daerah yang membutuhkan.

Problem kedua yang mulai banyak muncul adalah fenomena warga yang pilih-pilih merek vaksin yang akan disuntikkan. Mereka kadang mencari salah satu merek yang dianggap lebih baik.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : elo/c12/ris

Saksikan video menarik berikut ini: