alexametrics

PeduliLindungi Mulai Diterapkan di Pemkot Surabaya Pekan Depan

26 September 2021, 14:14:41 WIB

JawaPos.com – Berbagai upaya dilakukan Pemkot Surabaya untuk membendung dan mengantisipasi lonjakan Covid-19 di akhir tahun. Termasuk menerapkan aplikasi PeduliLindungi di semua kantor kerja pemkot. Aplikasi itu diharapkan bisa menjadi proteksi yang ampuh. Sebab, hanya pengunjung yang sudah divaksin yang bisa masuk ke area perkantoran.

Wakil Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya Irvan Widyanto memastikan bahwa aplikasi itu bakal berfungsi dalam waktu dekat. ”Secepatnya. Kita target minggu depan ini,’’ kata Irvan kemarin.

Pemkot juga menampik sejumlah suara minor bahwa PeduliLindungi berpotensi menimbulkan diskriminasi dalam pelayanan publik. Bahwa hanya warga yang sudah divaksin yang bisa mengakses pelayanan publik. Padahal, vaksinasi belum merata.

Anggota Komisi D DPRD Kota Surabaya Herlina Harsono Njoto menilai penggunaan aplikasi tersebut memang bagus. Dari data Dinkes Surabaya, persentase warga yang sudah divaksin di atas 100 persen. Namun, yang dihitung tidak hanya warga Surabaya. Warga luar kota juga termasuk yang didata.

Dia menilai penggunaan aplikasi PeduliLindungi di kantor pemerintahan tidak bisa disamakan dengan fasilitas publik milik swasta. Yang dilihat adalah tingkat urgensi urusannya.

Nah, agar masyarakat tetap bisa mengakses kantor pelayanan publik, Herlina mengusulkan dua opsi. Pertama, warga yang belum divaksin dan ada keperluan untuk mengurus berkas atau kepentingan lain diperbolehkan menggunakan surat keterangan dari puskesmas setempat. Opsi kedua, pemkot harus menyiapkan tempat pelayanan khusus bagi warga yang belum divaksin. Bisa membuka stan khusus atau secara online.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : mar/adi/c6/ady

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads