alexametrics

Ditpolairud Bangun Posko dan Siapkan Kapal untuk Antisipasi Banjir Rob

26 Mei 2022, 09:30:49 WIB

JawaPos.com- Banjir rob masih mengancam kawasan pesisir di wilayah utara Jatim. Ditpolairud Polda Jatim membangun posko untuk mengantisipasi adanya musibah. Ada belasan kapal yang disiagakan untuk proses evakuasi warga.

Saat ini daerah yang berpotensi menjadi sasaran banjir rob terus dipantau. Di Surabaya, ada sejumlah titik yang rawan digenangi air laut. Misalnya, kawasan pelabuhan dan Kenjeran.

Direktur Polairud Polda Jatim Kombespol Puji Hendro Wibowo mengatakan bahwa posko dibangun di sejumlah titik. Ada layanan telepon yang bisa dihubungi masyarakat. ’’Kami stand by dalam hal banjir rob. Saat ini sejumlah kawasan memang belum aman,’’ kata Puji.

Dia menambahkan, koordinasi dengan berbagai instansi terus dilakukan Ditpolairud. Terutama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). ’’Cuaca dan gelombang jadi acuan pengawasan. Ada petugas yang rutin update,’’ tambah Puji.

Menurut dia, ada belasan perahu yang disiagakan untuk patroli. Masing-masing dilengkapi alat dan personel. Kondisi seluruh armada sudah dicek.

Puji mengatakan, bukan hanya kapal yang disiapkan untuk evakuasi warga terdampak banjir rob, melainkan juga peralatan lain. Di antaranya, jaket pengaman, alat selam, ambulans, dan alat pendeteksi benda di bawah laut.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : hen/c7/ady

Saksikan video menarik berikut ini: