alexametrics

Wali Kota Surabaya Janji 63 Puskesmas Siap Siaga Bencana

26 April 2022, 20:54:11 WIB

JawaPos.com–Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya gelar apel kesiapsiagaan bencana sekaligus simulasi penanganan bencana. Acara itu dilaksanakan di halaman Balai Kota Surabaya, Selasa (26/4), dipimpin Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Setelah pengecekan peralatan, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) bersama Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan menggelar simulasi penanganan bencana yang diperagakan staf Pemkot Surabaya.

Digambarkan ada bencana hingga ada yang terluka. Dengan sigap BPBD menolong mereka. Saat itu juga ada sejumlah korban bencana yang harus loncat dari ketinggian karena terjebak. Korban loncat dari ketinggian yang di bawahnya sudah dipasang rescue air cushion oleh petugas.

Pada kesempatan itu, Eri mengatakan, saat ini waktunya kembali menyiapkan diri dalam menghadapi ancaman bencana. Kesiapsiagaan bencana perlu dibangun sejak dini, dimulai dari lingkungan terkecil, yaitu keluarga.

Menurut Eri, Kota Surabaya memiliki risiko dalam ancaman bencana, di antaranya angin kencang yang mengakibatkan pohon tumbang, banjir rob/pasang air laut, cuaca ekstrem, dan gempa bumi, juga bencana non alam seperti kecelakaan, kebakaran, dan pandemi.

”Kesiapan masyarakat menghadapi ancaman menentukan besar kecilnya risiko dan dampak bencana yang akan diterima,” kata Eri.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Rafika Rachma Maulidini

Saksikan video menarik berikut ini: