alexametrics

Tahun Lalu, 811 CJH Asal Sidoarjo Batalkan Porsi Haji

26 Januari 2022, 11:40:35 WIB

JawaPos.com- Penyelenggaraan ibadah haji ke Tanah Suci sudah dua tahun tertunda dampak pandemi Covid-19. Bagaimana dengan 2022 ini? Hingga kemarin (25/1), belum ada informasi tentang keberangkatan haji ke Tanah Suci itu. Penantian cukup lama membuat banyak calon jemaah haji (CJH) membatalkan rencana tersebut.

Tahun ini saja, sejak awal Januari hingga kemarin, ada lebih dari seratus CJH asal Sidoarjo yang membatalkan pergi haji. Sementara itu, perekaman pelimpahan porsi haji mencapai 80 orang. Yakni, porsi CJH yang telah terdaftar dan meninggal digantikan oleh keluarga atau ahli waris melalui pelimpahan.

”Pembatalan haji terjadi karena sebagian besar CJH meninggal dan tidak ada yang menggantikan porsi hajinya. Tidak dilimpahkan kepada keluarga,” kata Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Sidoarjo Rohmat Nasrudin.

Adapun persentase pembatalan haji karena alasan tertentu cukup kecil. Misalnya, pembatalan karena sakit dan tidak memungkinkan berhaji.

Sepanjang 2021, tercatat ada sebanyak 4.292 pendaftar baru. Lalu, 811 orang melakukan pembatalan dengan berbagai alasan. Sebanyak 153 orang melimpahkan porsi haji.

Menurut Nasrudin, jumlah pembatalan maupun pelimpahan porsi kemungkinan bakal bertambah lagi. Terlebih, sampai saat ini belum ada informasi tentang jadwal keberangkatan ke Tanah Suci. ”Kami masih menunggu informasi dari Kemenag pusat. Sejauh ini belum ada informasi tentang haji 2022,” ujarnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : may/c14/any

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads