alexametrics

Usia Harapan Hidup di Jatim Naik, Tahun Ini Jadi 71,38 Tahun

25 November 2021, 16:48:34 WIB

JawaPos.com – Usia harapan hidup (UHH) bayi di wilayah Jatim terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Pada 2021, UHH sudah mencapai 71,38 tahun.

Artinya, jika ada bayi yang lahir tahun ini, diperkirakan mampu hidup hingga 71 tahun lebih. Perbaikan fasilitas kesehatan dan kesehatan ibu jadi salah satu faktor penentu.

Data itu terungkap dari indeks pembangunan manusia (IPM) yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim. Angka itu naik hampir 1,5 tahun dibanding 10 tahun silam. Pada 2010, UHH di Jatim mencapai 68,89 tahun.

Sementara itu, jika dihitung per daerah, UHH tertinggi dipegang Kota Surabaya dengan angka 74,18 tahun. Sedangkan UHH terendah ditempati Kabupaten Bondowoso (66,89 tahun).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim Erwin Astha Triyono menjelaskan, peningkatan UHH menunjukkan keberhasilan pembangunan sosial ekonomi. ’’Termasuk kondisi keadaan lingkungan, ketersediaan pangan, pendidikan, dan kebijakan pemerintah,’’ ujarnya.

Sementara itu, dari sisi kesehatan, kenaikan UHH salah satunya didukung lewat mudahnya akses pelayanan kesehatan di masyarakat. ’’Dinkes selama ini telah melakukan beberapa usaha untuk perbaikan UHH,’’ jelasnya.

Selain itu, perbaikan UHH tak terlepas dari kebijakan penanganan penurunan kematian ibu/bayi, penurunan stunting, pencegahan dan pengendalian penyakit menular, dan peningkatan gizi masyarakat yang jadi prioritas pemprov dan pemerintah kabupaten/kota. Termasuk peningkatan cakupan imunisasi dasar lengkap.

Sementara itu, untuk penanganan daerah-daerah dengan UHH rendah, pemprov memberlakukan skema kemitraan dan kerja sama lintas sektor, termasuk swasta, guna mempercepat perbaikan. ’’Seperti program bunda anak impian (buaian), gerakan remaja bebas anemia untuk mencegah stunting, sampai menyelenggarakan pondok kesehatan desa (ponkesdes),’’ katanya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : elo/c12/ris




Close Ads