alexametrics

Tahun Depan, Suroboyo Bus Punya 5 Rute Baru

25 November 2021, 16:57:00 WIB

JawaPos.com–Dinas Perhubungan Kota Surabaya akan menambah 5 trayek atau rute baru Suroboyo Bus. Sehingga total terdapat 11 trayek pada 2022.

Sebelumnya, Surabaya hanya memiliki 6 trayek. Rencana penambahan trayek itu dilakukan supaya dapat menjangkau seluruh titik di Kota Surabaya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya Irvan Wahyudrajat mengungkapkan, trayek baru itu akan menjangkau beberapa wilayah. Yakni Karang Pilang PDAM menuju Ampel. Kemudian SIER Merr menuju RSAL Tanjung Perak.

”Ketiga adalah Terminal Mabukan menuju kawasan Suramadu Kedung Cowek. Trayek keempat adalah Rungkut menuju Park and Ride Mayjen Sungkono. Kelima adalah Terminal Intermoda Joyoboyo menuju Park and Ride Arif Rahman Hakim,” papar Irvan pada Kamis (25/11).

Surabaya saat ini hanya memiliki 6 trayek. Yakni Terminal Purabaya menuju Tanjung Perak melewati Raya Darmo, kemudian Jalan Raya Lidah Wetan menuju Karang Menjangan dan ITS. Ketiga adalah Terminal Purabaya menuju Kenjeran Park melewati MERR.

”Trayek keempat yang sudah ada adalah Jalan Raya Mastrip menuju Unesa Lidah Wetan dan Gelora Bung Tomo. Kelima adalah Terminal Benowo menuju Tunjungan. Trayek terakhir yang saat ini masih berjalan adalah Terminal Purabaya menuju Kampus C Unair,” beber Irvan.

Dengan penambahan trayek itu, Irvan berharap agar warga Kota Surabaya bisa beralih dari moda transportasi pribadi menuju transportasi publik. Dengan demikian, kemacetan bisa berkurang.

”Berdasar penelitian INRIX Global Traffic Scorecard, Surabaya menempati peringkat kota termacet ke-10 dari 54 kota di Asia,” tutur Irvan.

Untuk itu, Irvan menyebut pihaknya akan terus melakukan upaya untuk membiasakan warga menggunakan transportasi publik. Selain rencana menambah trayek, pihaknya juga telah mengubah sistem pembayaran.

”Sebelumnya dari bayar dengan botol sampah, sekarang bisa dengan QRIS atau scan barcode,” jelas Irvan.

Bagi warga yang ingin mengetahui rute yang lebih jelas, Irvan menyarankan untuk mengunduh aplikasi GoBis. ”Aplikasi tersebut menunjukkan jalan-jalan yang dilalui Suroboyo Bus dan jadwal kedatangan,” papar Irvan.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika




Close Ads