alexametrics

Ribuan Bonek Demo Minta Revolusi Sepak Bola Indonesia

25 November 2021, 15:29:06 WIB

JawaPos.com–Ribuan bonek atau suporter kesebelasan Persebaya Surabaya, meluruk Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Kamis (25/11). Mereka menuntut revolusi sepak bola Indonesia.

Ribuan bonek tersebut terlihat datang sejak pukul 12.00 WIB. Massa terus berdatangan dalam jumlah besar pada pukul 13.00 WIB.

Seperti berada di stadion, ribuan bonek menyanyikan chants atau lagu-lagu Persebaya. Lengkap dengan membawa flare dan alat musik.

”Kita di sini berkumpul untuk membuat sepak bola di Indonesia Lebih baik. Salam satu nyali wani,” teriak salah satu orator di mobil komando.

Berdasar pantauan JawaPos.com, meski aksi berjalan kondusif, petugas dari kepolisian, satpol PP, serta linmas berjaga di lokasi. Tak hanya itu, kawat berduri juga tampak dipasang sebagai pembatas.

Koordinator Bonek Andy Kristianto melalui keterangan tertulis menyatakan, aksi tersebut bertujuan agar Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), membuat pertandingan yang jujur dan sportif.

”Suporter sepak bola Indonesia memang tidak diakui dalam statuta PSSI. Tetapi, harapan dan keinginan sangat besar merasakan dan melihat sepak bola Indonesia yang jujur, sportif, dan berkemajuan,” ujar Andy dalam surat tersebut.

Menurut dia, hingga kini, PSSI masih belum menunjukkan sistem yang baik untuk sepak bola nasional.

”Contohnya kinerja wasit buruk, suap dan pengaturan skor, kompetisi yang amburadul, dan lain-lain,” tutur Andy.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika




Close Ads