alexametrics

Peringati HGN, Bangun Empati, Berbagi Nasi ke Pekerja Informal

25 November 2021, 16:48:11 WIB

JawaPos.com – Memanfaatkan Hari Guru Nasional (HGN) 2021, biasanya para guru mendapatkan hadiah atau kado sesuatu dari para siswa-siswinya. Namun, berbeda dengan di SMPN 2 Gresik. Justru, sebanyak 42 guru memberikan hal spesial kepada para anak didiknya. Bukan memberikan materi, melainkan nilai-nilai etika.

Sejak pagi, 42 guru SMPN 2 itu keliling Jalan KH Kholil, Jalan Nyai Ageng Arem Arem hingga Jalan Basuki Rahmat. Mereka membagikan nasi bungkus kepada para pekerja informal. Selain meringankan beban di masa pandemi, kegiatan menyambut HGN itu diharapkan menjadi motivasi siswa-siswi.

Kepala SMPN 2 Gresik Beri Avita Prasetya mengatakan, kegiatan HGN tersebut sebagai salah satu wujud pendidikan karakter. Di antaranya, berempati dan membangun nilai-nilai sosial. Dia berharap kegiatan tersebut makin terbentuk di anak-anak didiknya. Ternyata, meski spontantinas, namun para guru semua bergerak ikut terlibat. Termasuk menyalurkan bantuan.

‘’Bahkan para guru secara sukarela membawa masing-masing 5-10 nasi bungkus hingga terkumpul ratusan nasi,” ucapnya.

Sebelum itu, lanjut dia, para guru juga mengikuti tes kesehatan yang dilakukan Puskesmas Alun-alun. Tujuannya, menjaga kesehatan para pendidik itu. Terlebih di masa pandemi. Sekitar satu jam  berkeliling, para guru itu kembali ke sekolah. Tidak disangka, para siswa juga sudah menyiapkan kado spesial untuk guru-guru mereka.

Seperti Marwah, pelajar kelas 9-E2 beserta teman-temannya, misalnya. Mereka memberikan satu kado besar dan panjang. Kado itu diberikan ke kepala sekolah. “Ini kadonya rahasia, tapi kalau kuenya kami buat sendiri sebagai bentuk terima kasih kepada guru yang telah membimbing kami,” ucap Marwah.

Suasana pun terasa haru. Tidak hanya di kelas Marwah. Di kelas lain siswa juga saling memberikan kado untuk para guru.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : son




Close Ads