alexametrics

Industri Palet di Sidoarjo Ludes, Kerugian Ditaksir Miliaran Rupiah

25 November 2021, 09:17:34 WIB

JawaPos.com- Tetap hati-hati bencana kebakaran. Amuk api kembali terjadi di wilayah hukum Sidoarjo, Sekitar pukul 11.00 WIB, Rabu (24/11), gudang PT Group Cemerlang Plastindo di Desa Randegan, Kecamatan Tanggulangin, terbakar hebat. Tidak ada korban jiwa. Namun, kerugian ditaksir miliaran rupiah.

Lokasi yang terbakar juga cukup luas. Sekitar 58 x 99 meter. Tak heran, delapan unit mobil pemadam yang didatangkan cukup sulit menjinakkan si jago merah.

Kabid Pemadam Kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidoarjo Ahmad Nawari menyebutkan, benda pokok yang terbakar adalah palet. Masalahnya, palet tersebut terbuat dari plastik yang mudah terbakar. Karena itu, api cepat membesar. Bahkan, api merembet ke sebagian gudang di sebelahnya yang digunakan untuk menyimpan tembakau.

Dugaannya, api berasal dari percikan yang muncul dalam pengelasan besi di bagian atap gudang. Siang itu, memang ada perbaikan bagian atap gudang. Sebab, kondisi atap bocor. Nahas, percikan api dari proses ngelas tersebut jatuh ke tumpukan bahan palet yang terbuat dari plastik. ’’Titik apinya dari situ, akhirnya cepat menyebar karena plastik,’’ terang Nawari.

Padahal, di dalam gudang tersebut, ada belasan pekerja. Mereka berhamburan lari ke luar gudang. Sekuriti dan sejumlah pekerja langsung menuju titik api dan memadamkan dengan alat pemadam api ringan (APAR). Namun, mereka kewalahan karena api semakin besar.

Sekitar pukul 11.30, petugas PMK pun tiba di lokasi dan langsung melakukan pemadaman. ’’Cukup susah padam karena memang ada tumpukan seng di atas sumber apinya, jadi air terhalang seng,’’ papar Nawari. Seng berasal dari bagian atap gudang. Sekitar pukul 14.00, api sudah padam. Namun, petugas terus melakukan pembasahan.

Tidak ada korban jiwa dan luka dalam kejadian tersebut. Jumlah kerugian material atas kejadian tersebut belum pasti. ’’Kalau Rp 1 miliar, lebih ya, ada satu mesin pembuat palet juga yang terbakar,’’ kata Nawari. Kapolsek Tanggulangin AKP Masyhur Ade menyebutkan, olah TKP langsung dilakukan.

Sejumlah saksi juga sudah dimintai keterangan. ’’Dugaannya memang sumber api dari percikan las yang mengenai tumpukan plastik,’’ katanya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : uji/c12/any




Close Ads