alexametrics

Momen Hari Santri, Garda Bangsa Berbagi 1.000 Paket Sembako untuk MBR

25 Oktober 2021, 05:33:53 WIB

JawaPos.com– Hari Santri Nasional (HSN), juga menjadi momentum banyak kalangan untuk berderma. DKC Garda Bangsa Kota Surabaya, misalnya. Organ sayap PKB itu juga turun ke kampung-kampung untuk mencari masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Warga kurang mampu itu kemudian diberi bantuan sembako. .

Menurut Mahfudz, ketua DKC Garda Bangsa Kota Surabaya, pembagian sembako itu menyasar MBR di beberapa wilayah. Di antaranya, Kecamatan Tegalsari, Genteng, dan Bubutan. Total ada sebanyak 1.000 paket sembako. ‘’Sasarannya warga yang terdampak pandemi Covid-19,’’ ujarnya.

Dia menilai HSN merupakan momen untuk merenungi sikap, sifat, dan teladan kaum santri. “Bahwa berbagi merupakan tradisi yang sudah melekat pada diri para santri,” paparnya.

Mahfudz yang juga pernah tinggal sekaligus belajar di lingkungan pesantren itu memahami betul bagaimana karakter para santri. Misalnya, dalam hal makan bersama. “Kebiasaan kami di pondok dulu, daun atau kertas minyak ditata memanjang, lalu diberi nasi dan lauk. Di atas tikar, kita makan bersama,” katanya.

HSN, lanjut dia, mesti juga harus dimaknai sebagai ajang untuk aktualisasi diri. Jika 22 Oktober 1945, santri berjuang mempertahankan kemerdekaan, maka di masa pandemi ini para santri harus ikut andil dalam berjuang melawan Covid-19 beserta dampaknya. Salah satu dampak itu adalah ekonomi.

Selama pandemi, tidak sedikit pekerja yang kehilangan pekerjaan. Banyak pula pedagang kaki lima (PKL) maupun pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang mengeluhkan pendapatannya anjlok. Ada pula yang sampai gulung tikar karena kehabisan modal.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : adi




Close Ads