alexametrics

Baru Pertama, Yuk Saksikan! Pementasan Drama Kanvas Sunyi Kyai Ridlwan

25 Oktober 2021, 05:12:24 WIB

JawaPos.com- Pasti belum banyak yang mengetahui cerita menarik di balik pencipataan lambang Ormas Islam terbesar, Nahdlatul Ulama (NU). Terutama di kalangan generasi milenial. Nah, dalam rangkaian semarak peringatan Hari Santri Nasional 2021, Lembaga Seni dan Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) PCNU Kota Surabaya bakal mengangkat lika-laku kisahnya.

Cerita penciptaan lambang NU itu dikemas dalam giat seni pementasan drama semidokumenter yang bertajuk Kanvas Sunyi Kyai Ridlwan. ‘’Pentas seni gabungan yang berlatar belakang sejarah ini baru kali pertama dipentaskan di kalangan nahdliyin,’’ kata KH Sholahuddin Azmi, wakil ketua PCNU Kota Surabaya, dalam konferensi pers di kantor PCNU Kota Surabaya Jalan Bubutan VI/2, Minggu (24/10).

Menurut Gus Udin, panggilan KH Sholahuddin Azmi, memang belum semua orang mengetahui bagaimana lika-liku penciptaan lambang NU. Buka sekadar berkarya. Namun, ada ikhtiar dan tirakat. Ketika itu, menjelang muktamar NU yang kedua pada 1927, KH Ridlwan Abdullah mendapat tugas dari Hadratus Syaikh KH Hasyim Asy’ari membuat lambang NU tersebut.

“Lha ini alhamdulillah, setelah melalui tahapan dan proses panjang, akhirnya bisa divisualisasikan melalui giat seni bertajuk Kanvas Sunyi Kyai Ridlwan ini oleh teman-teman Lesbumi dan Lembaga Perekonomian (LPNU),” ujarnya.

Gus Udin tidak lain cucu dari KH Ridlwan Abdullah. Dia pun memberikan apresiasi dan berterimakasih kepada segenap kru drama semidokumenter Kanvas Sunyi Kyai Ridlwan. “Semoga dengan pertunjukan drama teatrikal ini ada sesuatu yang bisa kita teladani, yaitu akhlak dan adab beliau-beliau para masyayikh pendiri NU,” harapnya.

Dia mengungkapkan, lambang NU yang diciptakan KH Ridlwan Abdullah itu kali pertama berbentuk panji. Bukan bendera. ‘’Kalau panjenengan ingin lebih tahu lagi, monggo melihat cerita drama itu nanti,” tandas Gus Udin.

Editor : M. Sholahuddin




Close Ads