alexametrics

Tutup Total sampai Desember, Pengendara Jangan Melintas di Jalan Ini

25 September 2021, 16:33:43 WIB

JawaPos.com- Imbas proyek betonisasi, Jalan Desa Kwangsan, Kecamatan Sedati, Sidoarjo, akan ditutup total. Pengendara dialihkan lewat Jalan Desa Pepe. Penutupan tersebut berlangsung sampai Desember mendatang sesuai dengan target penyelesaian perbaikan jalan.

Penutupan jalan dimulai dari depan Perumahan Putri Juanda, Desa Kwangsan, sampai perempatan masjid besar Kwangsan. Panjang jalan yang tutup sepanjang 950 meter sesuai panjang pengerjaan proyek betonisasi. Sebelumnya, jalan tersebut kerap rusak parah. Banyak lubang. Pemkab Sidoarjo pun membetonnya dengan lebar 6 meter.

”Ditutup total agar pengerjaannya bisa semakin cepat, yang penting pengendara masih bisa lewat jalan alternatif lainnya,” kata Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (PUBMSDA) Pemkab Sidoarjo Sigit Setyawan.

Namun, untuk proyek pembangunan jalan lain yang hanya satu-satunya akses, tidak sampai ditutup total. ”Misalnya, betonisasi di Jalan Buncitan dikerjakannya setengah jalan dulu karena tidak ada alternatif atau akses lain,” kata Sigit.

Pada tahun ini, ada sebanyak 35 paket peningkatan jalan. Tahap pertama yang dikerjakan ada 19 paket. Perinciannya, sebanyak 13 jalan dibeton dan 6 jalan sisanya diaspal. Sementara itu, untuk 16 paket lainnya masih proses akhir lelang.  Namun, dia optimistis Desember rampung semuanya. Karena itu, saat ini masih ada jalan yang rusak parah. Misalnya, Jalan Sukolegok, Kecamatan Sukodono. ”Karena perbaikannya belum dimulai, tapi segera dimulai,” kata Sigit.

Sigit menyatakan,  tidak semua jalan yang rusak bisa diperbaiki pada tahun ini. Contohnya, Jalan Sukolegok tersebut. Jika dihitung dari Balai Desa Sukolegok sampai masuk Desa Panjunan Sukodono, total panjang jalan mencapai 3 kilometer. Sekitar 2,5 kilometer dari jalan itu rusak. Namun, pada tahun ini hanya dibeton sepanjang 400 meter di sana. Sisanya, dilanjutkan tahun depan.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : uzi/c13/any

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads