alexametrics

Terdampak Proyek Junction Tol KLBM, Ratusan Makam Warga Dibongkar

25 Juni 2022, 21:23:48 WIB

JawaPos.com- Dalam beberapa hari terakhir, ada pemandangan tidak biasa di makam Dusun Sumbersuko, Desa Lebanisuko, Kecamatan Wringinanom, Gresik. Banyak orang terlihat mengenakan rompi. Ada oranye dan merah. Di bagian belakangnya bertanda cross. Beberapa di antara mereka tanpa mengenakan masker.

Mereka adalah para penggali kubur. Yang direkrut terbuka pemerintah desa setempat. Sudah berhari-hari mereka bekerja. Menggali, kemudian memindahkan makam para warga dusun itu. Ke lahan makam baru. Dibantu mobil jenazah Puskesmas Wringinanom.

Makam-makam itu dipindah. Sebab, makam itu terimbas proyek. Pembangunan junction Tol Krian, Legundi, Bunder, Manyar (KLBM). Dengan proyek baru itu, ke depan tol KLBM bisa langsung terkoneksi dengan tol Surabaya-Mojokerto (Sumo).

Maka, dari Gresik nantinya ada dua tol yang menyambung dengan tol Sumo. Satunya lagi, melintasi tol yang sudah lama ada. Yakni, dari Manyar, Kebomas, Tandes, Pasar Turi, Waru, Mojokerto hingga terhubung ke tol Trans Jawa itu.

Menurut Mustofa, kepala Desa Lebanisuko, dampak pembangunan junction tol KLBM itu setidaknya ada 390 makam terpaksa direlokasi. Ke lokasi baru. Berjarak 600 meter dari kuburan awal. Pemindahan dilakukan bertahap. Untuk memindah ratusan makam, tentu butuh waktu panjang. ’’Sudah dilakukan sejak empat hari ini,’’ katanya.

Total ada 26 orang yang bertugas untuk membongkar dan memindahkan makam tersebut. ‘’Ada bantuan excavator kecil, melakukan pencarian sisa-sisa jenazah. Ini masih ketemu 200 makam lebih,’’ ucap Mustofa.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : Galih Wicaksono

Saksikan video menarik berikut ini: