alexametrics

Sekolah Mulai Pesan Seragam Gratis lewat SIPLah

25 Mei 2022, 17:17:02 WIB

JawaPos.com – Satuan pendidikan punya kesibukan ganda menjelang tahun ajaran 2022–2023. Selain membuka penerimaan peserta didik baru (PPDB), sekolah-sekolah segera memproses pengadaan seragam gratis untuk siswa baru. Baik mereka yang akan masuk kelas I SD maupun kelas VII SMP.

Para penerima merupakan siswa dari keluarga masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). ’’Nanti pemesanan lewat masing-masing sekolah,’’ kata Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendik) Surabaya Yusuf Masruh, Selasa (24/5).

Wakil rakyat menaruh perhatian serius terhadap pengadaan seragam. Ketua Komisi D DPRD Surabaya Khusnul Khotimah menyampaikan, pengadaan seragam dilakukan UMKM. Hanya, untuk memastikan kualitasnya, seragam tersebut harus dicek Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Dengan begitu, produk UMKM itu harus dimasukkan Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPLah) milik Kemendikbudristek. ’’Sehingga nanti sekolah memesan seragam lewat SIPLah,’’ kata Khusnul.

Diketahui, aplikasi SIPLah berfungsi sebagai e-katalog pengadaan barang dan jasa milik Kemendikbudristek. Lewat pengadaan di SIPLah, sekolah bisa membuat surat pertanggungjawaban (SPj). Pengadaannya menggunakan dana alokasi bantuan operasional pendidikan daerah (bopda). Dana itu berasal dari APBD Kota Surabaya.

Para siswa MBR akan menerima seragam sesuai jenjang pendidikan. Seragam putih-merah untuk SD dan putih-biru untuk jenjang SMP. Selain itu, ada satu setel seragam pramuka, seragam olahraga, serta satu batik khas sekolah. Siswa juga mendapat perlengkapan sekolah lainnya berupa tas, sepatu, dan ikat pinggang.

Sekolah pun harus membuat time line pemesanan. Dengan demikian, ketika siswa baru mulai masuk sekolah, mereka sudah mendapatkan seragam gratis. ’’Begitu masuk tahun ajaran baru, kita harap seragam sudah bisa dibagikan,’’ katanya.

Bagaimana teknisnya? Khusnul mengatakan, sekolah tinggal menghitung jumlah siswa baru yang masuk melalui jalur mitra warga. Sebab, hanya siswa MBR yang boleh mendaftar lewat jalur tersebut. Saat ini pendaftaran PPDB sedang berlangsung. Salah satunya adalah jalur afirmasi kategori mitra warga.

’’Nanti sekolah tinggal hitung saja berapa jumlah siswa baru yang diterima lewat mitra warga,’’ imbuh politikus PDI Perjuangan itu.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : mar/ata/c7/git

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads