alexametrics

Melapangkan Jalan Ekspor Produk UMKM Gresik ke Pasar Jepang

25 Mei 2022, 16:54:56 WIB

JawaPos.com- Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Kabupaten Gresik kembali mendapat angin segar. Setelah Fadli Rinaldi Lubis, atase keuangan KBRI Tokyo, Jepang, mengunjungi Gresik kemarin, peluang UMKM untuk menjajaki pasar Jepang terbuka lebar.

Fadli menyatakan, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo siap memfasilitasi pengembangan bisnis bagi UMKM Indonesia untuk dapat menembus pasar Jepang. Terutama UMKM di Gresik agar bisa go international.

’’Kami mengajak Kabupaten Gresik melalui kolaborasi dalam UMKM Center untuk terus berkomitmen mengembangkan produk UMKM,’’ ujarnya.

Fadli menyatakan, dalam mendorong UMKM Indonesia, dirinya mengajak asosiasi bisnis Jepang untuk mengenal dan memfasilitasi pengembangan bisnis UMKM dalam menembus pasar Jepang. ’’Hal ini jadi upaya untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional pascapandemi,’’ jelasnya.

Pasar Jepang, kata Fadli, dikenal dengan standarnya yang tinggi. Oleh karena itu, jika sudah masuk ke pasar Jepang, produk Indonesia akan lebih mudah melakukan penetrasi ke pasar internasional. ’’Untuk itu, pemberdayaan UMKM Indonesia, khususnya di Kabupaten Gresik, untuk berkembang di pasar Jepang adalah salah satu prioritas utama kami,’’ katanya.

Sementara itu, Bupati Fandi Akhmad Yani mengapresiasi upaya KBRI Jepang karena memercayai dan memfasilitasi UMKM Gresik untuk dapat berkembang hingga menembus pasar internasional.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : son/c12/diq

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads